Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendapat Mengenai Keberagaman Yang Menjadi Hakikat Hidup Berbangsa Dan Bernegara Di Inonesia



Sebaik-baik rujukan sumber dari sumber hukum adalah Alqur’an dan hadits, jadi apapun persoalannya termasuk mengenai menanggapi keberagaman yang ada di negara indonesia  maupun negara-negara lain di dunia ini jawabannya adalah al-qur’an. Berikut penjelasan ayat al-Qur’an firman Allah Swt :


“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS al-Hujarat [49]:13).

Keragaman adalah sunnatullah yang tidak bisa kita ingkari. Ayat dalam Surat al-Hujarat di atas meneguhkan persoalan itu. Kita diciptakan Allah bukan dalam keseragaman, tapi dalam keragaman dan perbedaan, baik berbeda dalam hal suku, bangsa, bahasa, warna kulit, etnis, agama, keyakinan, dan lain sebagainya. Dari perbedaan itu, Allah memerintahkan agar kita saling mengenal dan mengasihi, menyayangi, mencintai bukan untuk saling membenci apalagi memusuhi.

Demikian referensi artikel yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi yang mencari, membutuhkan dan tidak lupa kami haturkan ucapan terimakasih banyak sudah berkunjung. salam

Baca Juga : 11 Julukan Untuk Bangsa Indonesia Oleh Dunia

2 komentar untuk "Pendapat Mengenai Keberagaman Yang Menjadi Hakikat Hidup Berbangsa Dan Bernegara Di Inonesia"

Orang bijak selalu meninggalkan jejak

close