Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi Ada Berkah Dalam Lelah



Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Saudara seiman ku, sahabat Hijrahku, Sahabat Jangan Takut Hijrah. Hidup ini bukan berbicara tentang kenikmatan saja, namun ada kala perih itu datang, lelah itu datang, tapi berbahagialah Karena Ada 8 Lelah yang disukai oleh Allah SWT. Dan akan kita kabarkan disini.

Ada 8 kelelahan yang disukai Allah SWT dan RasulNya :

1. Lelah dalam berjihad di jalan-Nya.
Allah SWT berfirman:

"Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual-beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung." (QS. At-Taubah 9: Ayat 111).

Perlu kita pahami, makna Jihad untuk saat ini tidaklah berperang, namun berdakwah menyebarkan tauhid adalah termasuk dari bagian jihad pada hal ini. Menuntut ilmu, mencari nafkah, Bekerja, semua itu bisa kita kategori kan sebagai jihad.

2. Lelah dalam berda'wah / mengajak kepada kebaikan.
Allah SWT berfirman:

وَمَنْ اَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّنْ دَعَاۤ اِلَى اللّٰهِ وَعَمِلَ صَا لِحًا وَّقَا لَ اِنَّنِيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

"Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata, Sungguh, aku termasuk orang - orang muslim (yang berserah diri)?" (QS. Fussilat 41: Ayat 33)

Orang yang berdakwah dan ia bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan membalas Perbuatan nya itu dengan surga yang sangat dinantikan. Bahkan, kelelahan yang dialami seorang mukmin untuk mengajak orang lain berbuat kebaikan, akan menjadi jalan tumbuhnya cinta Allah kepadanya.

3. Lelah dalam beribadah dan beramal sholeh.
Allah SWT berfirman:

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al-'Ankabut 29: Ayat 69).

Kelelahan dalam beribadah dan beramal shalih pun merupakan kelelahan yang dicintai Allah dan Rasul-Nya, karena dengan beribadah dan beramal shalih maka seorang hamba menjadi lebih dekat kepada Rabbnya.

4. Lelah mengandung, melahirkan, menyusui. merawat dan mendidik putra / putri amanah Illahi.
Allah SWT berfirman:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu. (QS. Luqman 31: Ayat 14).

Hei, para wanita, khususnya ibu - ibu, emak – emak yang sudah melahirkan kita ke dunia. Patutnya kita bersyukur, coba kita bayangkan, ketika ibu kita mengandung kita selama 9 bulan, membawa kita kemana ia pergi, dengan beban berat diperutnya, melahirkan menyusui, membelai kita, sampai tidur pun tak nyenyak, sepantasnya saja Allah SWT sangat mencintai kelelahan seorang ibu. Maka tiada alasan bagi kita untuk durhaka pada ibu kita, sekalipun kita memberikan uang yang banyak kepada ibu kita niscaya setetes air susu nya pun masih kurang uang itu untuk membayarnya.

5. Lelah dalam mencari nafkah halal.
Allah SWT berfirman:
"Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah SWT dan ingatlah Allah SWT banyak - banyak agar kamu beruntung."
(QS. Al-Jumu'ah 62: Ayat 10).

Zaman sekarang ini nyari kerja memang susah, tapi bersabarlah, Allah sudah menjamin rezeki kita jauh sebelum kita dilahirkan di muka bumi ini. Berapa pun pendapatan mu selama bekerja, bersabarlah. Sedikit Asalkan halal Allah SWT lebih ridha, daripada banyak Tapi Haram.

6. Lelah mengurus keluarga.
Allah SWT berfirman:
Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah SWTterhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At-Tahrim 66: Ayat 6).

Keluarga merupakan Pendidikan Nomor 1 bagi setiap Anak, bersabarlah Orang tua dalam mendidik anaknya, mengajarkan tauhid, mengajarkan Ketaqwaan kepada Allah, mengajarkan Islam kepada mereka, insyaallah lelahnya mendidik keluarga ini akan membuahkan hasil yang nikmat untuk di dunia maupun di akhirat nanti. Menjadikan keluarga yg samawa,qur'ani dan bermanfaat.

7. Lelah dalam belajar / menuntut ilmu.
Allah SWT berfirman:
Tidak mungkin bagi seseorang yang telah diberi kitab oleh Allah, serta hikmah dan kenabian, kemudian dia berkata kepada manusia, Jadilah kamu penyembahku, bukan penyembah Allah, tetapi (dia berkata), Jadilah kamu pengabdi-pengabdi Allah, karena kamu mengajarkan Kitab dan karena kamu mempelajarinya!"
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 79).

Untuk yang masih sekolah, kuliah, bersabarlah, lelah kalian insyaallah jadi berkah, karna ada hadits..Rasulullah bersabda tentang keutamaan menuntut ilmu sebagai berikut :

Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga (HR Muslim).

Bukankah lelah kita menuntut ilmu akan dibayar dengan surga nya Allah? Nikmat bukan.

8. Lelah dalam kesusahan, kekurangan dan sakit.
Allah SWT berfirman:
Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155).

Saudaraku, kita hidup di dunia ini pasti penuh dengan cobaan, baik itu cobaan segi kesehatan, materi, fisik dan lain sebagainya.

Dan cobaan itu bukan tanda Allah benci, tapi karena Allah sayang kepada kita, Allah ingin menguji tingkat keimanan kita, apabila kita mampu bersabar dan bersyukur maka Allah akan naikkan derajat kita, dan Allah akan nambah rezeki kita.

Allah itu tidak akan ninggalin kita, taukah kita kalimat laa tahzan? Jangan bersedih, Innallaaha ma'anaa sesungguhnya Allah bersama kita, innallaha ma'ashhaabirin. sesungguhnya Allah bersama orang - orang yang sabar.

Maka tetaplah berpegang teguh pada alquran bersabar ketika cobaan datang, karena cobaan itu datangnya dari Allah dan hilangnya juga karena Allah, maka berdoalah kepada Allah, apabila kita bersabar maka Surga menanti kita.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai Lelah yang disukai oleh Allah swt dan rasul, semoga kita mampu bersabar akan lelah itu, dan menjadi bagian dari hamba yang dicintai oleh Allah karena bersabar atas lelah seperti diatas.

Barakallahu wabaraka 'alaika. Akhirul kalam.
Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabakarakaatuh.


Posting Komentar untuk "Motivasi Ada Berkah Dalam Lelah"