Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Faktor Peringkat SEO Paling Penting Dalam Dunia Website Blogger



Ada 200+ faktor peringkat SEO yang membantu mesin pencari menentukan situs mana yang harus ditampilkan dalam hasil pencarian dan bagaimana peringkat mereka. Jika Anda ingin situs Anda mengklaim tempat teratas di SERP (halaman hasil mesin pencari), Anda perlu mengoptimalkan keberadaan online Anda untuk memenuhi faktor - faktor ini.


Berita baiknya adalah tidak semua dari 200+ faktor peringkat sama. Beberapa faktor peringkat lebih penting daripada yang lain. Saat Anda merencanakan strategi SEO Anda, perhatikan 12 faktor ini yang paling memengaruhi peringkat.

Sebelum kita masuk ke faktor peringkat SEO teratas, penting untuk dicatat bahwa faktor - faktor ini dapat dan akan berubah.

Mesin pencari dan algoritme peringkat Google terus berubah. Beberapa faktor menjadi lebih atau kurang penting, dan beberapa faktor diperkenalkan atau dihilangkan. Penting untuk tetap mengetahui faktor peringkat terbaru dan secara teratur menggunakan alat audit SEO untuk memindai situs Anda untuk memastikan bahwa Anda mengikuti praktik terbaik SEO terbaru.

Mesin pencari dan algoritme peringkat Google terus berubah. Apakah Anda yakin situs Anda mengikuti praktik terbaik SEO terbaru.?
Sekarang, mari kita lihat bagaimana membantu meningkatkan peringkat SEO dengan mengoptimalkan kehadiran online Anda untuk menarik 12 faktor peringkat SEO penting.

12 Faktor Peringkat Top SEO
Berikut adalah 12 faktor peringkat SEO teratas (tidak diperingkat menurut urutan kepentingan).

1.    Keamanan Situs
2.    Kemampuan merangkak
3.    Mobile-Keramahtamahan
4.    Kecepatan Muat Halaman
5.    Keterlibatan Pengguna
6.    Konten Berkualitas Tinggi
7.    Kata Kunci Target Yang Tepat
8.    Konten yang Dioptimalkan
9.    Data Terstruktur
10. Daftar Bisnis yang Konsisten
11. Profil Tautan Balik
12. Usia Domain

Saat Anda merencanakan strategi SEO Anda, perhatikan 12 faktor ini yang paling memengaruhi peringkat.

1. Keamanan Situs
Sejauh 2014, Google telah membahas keamanan situs sebagai faktor peringkat. Sekarang, ini adalah salah satu faktor peringkat Google yang paling penting dalam daftar ini. Keamanan situs mengacu pada penggunaan enkripsi HTTPS. Situs dengan enkripsi HTTPS memiliki sertifikat SSL yang membuat koneksi aman antara situs web dan penggunanya. Ini menambahkan lapisan keamanan tambahan yang melindungi pertukaran informasi antara pengguna dan situs.

Mesin pencari ingin mengarahkan pengguna ke situs yang paling tepercaya, dan enkripsi HTTPS menunjukkan kepada mereka bahwa suatu situs aman. Jika URL situs web Anda dimulai dengan HTTP, bukan HTTPS, situs Anda tidak aman, dan Anda harus menambahkan sertifikat SSL.

2. Kemampuan merangkak
Mesin pencari tidak dapat memberi peringkat situs jika mereka tidak dapat menemukannya. Itulah sebabnya mengapa situs dapat dirayapi adalah faktor peringkat SEO yang sangat penting. Kemampuan merangkak memungkinkan mesin pencari untuk memindai situs web dan meninjau kontennya, sehingga mereka dapat menentukan tentang apa halaman tersebut dan bagaimana peringkatnya.

Jika Anda ingin Google memberi peringkat situs Anda, izinkan mesin pencari merayapi situs Anda dengan benar.

Kirim peta situs ke mesin pencari teratas.
Periksa status indeks Anda di Google Search Console untuk meninjau jumlah halaman yang dijelajahi Google di situs Anda.
Gunakan robots.txt dengan benar untuk memberi tahu mesin pencari mana halaman mana yang harus mereka akses dan halaman mana yang harus mereka abaikan.

3. Kemudahan Bergerak Seluler
Keramahan seluler mengacu pada bagaimana suatu situs web terlihat dan berkinerja ketika seseorang melihatnya di perangkat seluler. Situs mobile-friendly memberikan pengalaman pengguna yang baik dengan menggunakan desain responsif yang menyesuaikan konten sehingga terlihat bagus di setiap ukuran layar. Karena lebih banyak pencarian dilakukan pada perangkat seluler daripada desktop (52,2% lalu lintas internet berasal dari perangkat seluler dan jumlahnya terus meningkat), keramahtamahan seluler penting bagi mesin pencari dan pengguna.

Untuk melihat apakah situs Anda responsif, kirimkan situs Anda ke Tes Ramah Seluler Google. Ini akan melaporkan kembali masalah apa pun dengan versi seluler situs Anda.

faktor peringkat seo keramahan ponsel

4. Kecepatan Muat Halaman
Faktor peringkat SEO lain yang berhubungan dengan pengalaman pengguna adalah kecepatan memuat halaman. Situs pemuatan lambat memberikan pengalaman pengguna yang buruk. Mesin pencari tahu bahwa orang ingin menemukan jawaban secepat mungkin, sehingga mereka lebih suka menampilkan situs yang akan dimuat dengan cepat untuk pengguna. Ini bahkan lebih benar untuk situs seluler, karena Google mengumumkan bahwa Pembaruan Kecepatannya akan membuat kecepatan memuat menjadi faktor peringkat untuk pencarian seluler.

Untuk memastikan situs Anda dimuat dengan cepat, gunakan pemeriksa kecepatan situs. Coba alat Analisis Kecepatan Alexa, yang merupakan bagian dari Audit Situs lengkap kami atau alat PageSpeed ​​Insights Google.

faktor peringkat seo kecepatan situs

Jika situs Anda lambat, ambil langkah-langkah untuk mempercepat situs Anda dengan menerapkan caching situs web, mengompresi file, mengurangi jumlah arahan ulang, dan mengambil langkah-langkah lain untuk mempercepat waktu buka.

5. Keterlibatan Pengguna
Mesin pencari mencari pengguna untuk membantu mereka menentukan halaman mana yang harus mereka promosikan dalam peringkat pencarian. Mereka mempertimbangkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan hasil untuk menentukan halaman mana yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi pencari. Google melakukan ini melalui alat kecerdasan buatan yang disebut RankBrain. Faktor keterlibatan pengguna meliputi:

Rasio Klik-tayang (RKT): Persentase orang yang mengklik hasil mesin pencari saat disajikan kepada mereka.

Waktu di Situs: Jumlah waktu yang dihabiskan seseorang pada halaman setelah menemukannya melalui pencarian.

Tingkat Pentalan: Persentase orang yang cepat pergi setelah hanya melihat satu halaman di situs yang mereka temukan melalui pencarian
Metrik ini membantu mesin pencari menentukan apakah hasil pencarian berharga bagi pengguna, jadi optimalkan konten situs Anda dan cuplikan pencarian untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

Gunakan desain dan gambar situs web berkualitas tinggi.
Gunakan arsitektur situs siled yang alami dan mudah diikuti.
Gunakan tautan internal untuk membantu pengguna menavigasi dengan mudah melalui situs Anda.

Gunakan SEO tag meta untuk membuat judul dan deskripsi yang menarik untuk cuplikan hasil pencarian Anda.
Optimalkan konten Anda untuk cuplikan unggulan dalam pencarian.

6. Konten Berkualitas Tinggi
Cara lain untuk meningkatkan keterlibatan pengguna di situs Anda dan menarik mesin pencari adalah dengan secara konsisten menerbitkan konten berkualitas tinggi di situs Anda. Konten adalah salah satu faktor peringkat SEO yang paling penting. Mesin pencari ingin memberikan hasil terbaik, sehingga memberikan peringkat teratas ke situs yang memiliki konten yang diteliti dengan baik, mendalam, dan dibuat dengan baik.

Konten segar menarik perayap pencarian dan meningkatkan visibilitas pencarian sambil memberi Anda sesuatu yang berharga untuk dibagikan kepada audiens Anda, sehingga itu merupakan win-win untuk strategi pemasaran Anda.

Konten segar menarik perayap pencarian dan meningkatkan visibilitas pencarian, sementara juga memberi Anda sesuatu yang berharga untuk dibagikan kepada audiens Anda. Ini adalah win-win untuk strategi pemasaran Anda. KLIK KE TWEET
Mulailah dengan menggunakan pemetaan konten untuk menjabarkan rencana untuk situs web Anda yang mencakup pembuatan halaman arahan dan konten blog yang sedang berlangsung.


7. Kata Kunci Target Yang Tepat
Jangan membabi buta dengan pembuatan konten. Buat konten secara strategis dengan melakukan riset kata kunci untuk memberi tahu Anda apa kata kunci untuk ditargetkan dan topik yang akan dibahas. Penelitian kata kunci adalah proses mengidentifikasi kata kunci populer yang dapat mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.

Pertimbangkan bagaimana Google menentukan peringkat kata kunci untuk membantu Anda memilih kata kunci terbaik untuk konten Anda.

Targetkan kata kunci ekor panjang. Saat pencarian suara semakin populer, semakin banyak orang mencari frasa dan pertanyaan yang panjang. Banding untuk jenis pencarian ini dengan menemukan kata kunci ekor panjang (kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih) selain kata kunci umum yang lebih pendek untuk ditargetkan dalam konten Anda.

Pahami maksud pencarian kata kunci. Maksud penelusuran adalah alasan mengapa seseorang mencari (mis., Karena mereka ingin belajar, membeli, atau menavigasi ke sesuatu). Google meningkatkan rangking untuk halaman yang memiliki konten yang sesuai dengan maksud kata kunci, jadi pastikan Anda memahami bagaimana berbagai jenis kata kunci dipetakan ke berbagai jenis konten, di berbagai bagian corong pembelian.

Targetkan istilah dalam rentang kompetitif situs Anda. Beberapa kata kunci sangat kompetitif dan akan sulit diperingkatkan. Fokus pada kata kunci yang berada dalam rentang kompetitif situs Anda. Gunakan alat Kesulitan Kata Kunci dalam Rencana Tingkat Lanjut Alexa untuk mengidentifikasi istilah-istilah yang sesuai dengan kemampuan bersaing Anda dengan mudah. Alat ini mempertimbangkan otoritas situs Anda dan menyoroti kata kunci yang dapat diperingkatkan oleh situs Anda.
strategi peringkat kata kunci faktor peringkat


8. Konten yang Dioptimalkan
Untuk menarik mesin pencari ke konten Anda, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor SEO di halaman. SEO On-page adalah proses mengoptimalkan setiap halaman di situs Anda untuk kata kunci target. Dengan mengoptimalkan konten Anda untuk satu kata kunci tertentu, Anda memberi tahu mesin pencari tentang halaman itu dan untuk apa peringkatnya.

Tetapkan satu kata kunci unik untuk setiap halaman di situs Anda. (Jangan pernah menetapkan kata kunci yang sama untuk lebih dari satu halaman di situs Anda karena ini dapat membingungkan mesin pencari dan menyebabkan kanibalisasi kata kunci). Kemudian, optimalkan konten untuk praktik terbaik SEO pada halaman.

Gunakan daftar periksa SEO on-page untuk mengoptimalkan halaman Anda, dan kemudian periksa untuk memastikan Anda tidak melewatkan peluang optimasi dengan menggunakan Pemeriksa SEO On-Page Alexa.

9. Data Terstruktur
Cara lain untuk memberi tahu mesin pencari tentang apa halaman web itu (sehingga mereka memberi peringkat yang sesuai) adalah melalui penggunaan data terstruktur. Data terstruktur, atau Skema Markup, adalah mikrodata yang ditambahkan ke bagian belakang halaman web yang memberi tahu mesin pencari cara mengklasifikasikan dan menafsirkan konten (seperti mengidentifikasi alamat bisnis, judul buku, resep, atau jenis informasi lainnya).

Data terstruktur adalah faktor peringkat SEO teratas karena dengan jelas memberi tahu mesin pencari apa yang penting tentang sebuah halaman. Ini juga penting karena data terstruktur dapat menyebabkan cuplikan fitur dalam pencarian, yang dapat meningkatkan rasio klik per tayang dan bahkan meningkatkan peringkat.

10. Daftar Bisnis yang Konsisten
Mesin pencari memberi peringkat pada merek yang mereka yakini paling kredibel, berwibawa, dan dapat dipercaya. Semakin mapan suatu merek muncul secara online, semakin besar kemungkinan mesin pencari akan meningkatkan visibilitas pencarian mereka. Inilah sebabnya daftar bisnis yang konsisten merupakan faktor peringkat yang penting.

Daftar bisnis, kadang - kadang disebut sebagai kutipan, terutama merupakan faktor peringkat SEO lokal. Tetapi semua merek harus melakukan pengaturan dan manajemen kutipan dasar dan:

Buat halaman Google Bisnisku.
Menyiapkan profil bisnis di situs direktori yang terkait dengan industri.
Pastikan bahwa RAN (nama bisnis, alamat, dan nomor telepon) mereka digunakan secara konsisten di seluruh profil bisnis mereka.

11. Profil Backlink
Tautan balik adalah sinyal lain yang memberi tahu mesin pencari bahwa sebuah situs web kredibel dan berwibawa. Jumlah dan kualitas tautan yang menunjuk ke situs Anda merupakan faktor SEO di luar halaman yang memiliki dampak signifikan pada peringkat pencarian Anda.

Di samping konten, backlink sering dianggap sebagai faktor peringkat SEO terpenting kedua. Jika Anda ingin peringkat situs Anda, Anda memerlukan rencana untuk membangun backlink berkualitas tinggi untuk situs Anda melalui praktik-praktik seperti posting tamu, akuisisi tautan, PR digital, dan strategi membangun tautan lainnya.

12. Usia Domain
Faktor peringkat akhir mungkin bukan sesuatu yang dapat Anda kendalikan, tetapi perlu disebutkan. Usia domain, atau berapa usia situs web Anda, sering dianggap sebagai faktor peringkat. Meskipun Google tidak dengan jelas menyatakan ini sebagai salah satu faktor peringkat SEO-nya, penelitian telah menemukan bahwa domain lama cenderung peringkat yang lebih baik.

Jadi, jika Anda meluncurkan situs baru, ketahuilah bahwa perlu waktu untuk upaya SEO Anda untuk memulai. Dengan waktu dan kerja SEO berkelanjutan, situs Anda akan meningkatkan peringkat pencariannya, tetapi itu tidak akan terjadi dalam semalam.

Apakah Situs Anda Dioptimalkan untuk Semua Faktor Peringkat SEO.?
Sekarang setelah Anda tahu faktor-faktor peringkat SEO apa yang paling penting, sekarang saatnya untuk mengoptimalkan situs Anda.

Baik Anda membuat konten baru atau mengoptimalkan konten yang ada, gunakan panduan ini untuk memastikan Anda mencakup semua basis SEO Anda: 50 Praktik Terbaik untuk SEO yang Akan Menyulut Pertumbuhan.

Kemudian mendaftar untuk uji coba gratis dari rencana Tingkat Lanjut Alexa untuk mendapatkan laporan audit SEO bulanan untuk memastikan tidak ada masalah teknis yang menghalangi peringkat Anda.


source : https://blog.alexa.com/

1 komentar untuk "12 Faktor Peringkat SEO Paling Penting Dalam Dunia Website Blogger"

Orang bijak selalu meninggalkan jejak