Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kajian Ilmu Politik Menurut Terbitan UNESCO 1950 dan Andrew Heywood 1997



Dalam Contemporary Political Science, yang diterbitkan oleh UNESCO (suatu lembaga yang bernaung di bawah PBB tahun 1950), ilmu politik dibagi menjadi empat bidang kajian utama, yaitu:

1.    Teori politik yang meliputi kajian undang - undang dasar/ konstitusionalisme dan sejarah perkembangan pemikiran politik.
2.    Lembaga - lembaga politik yang meliputi studi undang - undang dasar, pemerintahan nasional, pemerintahan daerah (lokal), fungsi sosial ekonomi dari pemerintah, dan perbandingan lembaga - lembaga politik.
3.    Partai - partai, golongan - golongan dan pendapat umum, meliputi kajian atas partai - partai politik, golongan-golongan dan asosiasi - asosiasi, partisipasi warga negara dalam pemerintahan dan administrasi, serta pendapat umum.
4.    Hubungan internasional  yang meliputi studi bidang politik internasional, organisasi dan administrasi internasional, serta hukum internasional.

Menurut Andrew Heywood  (1997) dalam bukunya Politics, ilmu politik dibagi menjadi empat bidang kajian utama, yaitu:
1.    Teori politik yang meliputi: definisi politik; pemerintahan, sistem dan rezim; ideologi - ideologi  politik; demokrasi; dan negara.
2.    Bangsa - bangsa dan globalisasi meliputi: bangsa dan nasionalisme; politik subnasional; dan  politik global.
3.    Interaksi politik terdiri dari: ekonomi dan masyarakat; budaya politik dan legitimasi; perwakilan, pemilu dan partisipasi dalam pemilu; partai politik dan sistem kepartaian, kelompok, kepentingan dan gerakan.
4.    Mesin pemerintahan yang meliputi: konstitusi, hukum dan yudikatif, lembaga legislatif, lembaga eksekutif, birokrasi, militer dan polisi.
5.    Kebijakan dan  kinerja meliputi: proses kebijakan dan kinerja sistem.


Jika kita bandingkan kedua rumusan ruang lingkup ilmu politik menurut keduanya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa  ada begitu banyak perbedaan yang sudah terjadi dalam studi ilmu politik yang bergerak meluas dari pendekatan institusional klasik yang terfokus pada studi institusi - institusi klasik pemerintahan dan partai politik.

Saat ini, studi ilmu politik semakin banyak bersinggungan dengan ilmu - ilmu sosial yang lain seperti sosiologi, kriminologi, ekonomi, psikologi, dan lainnya sehingga memunculkan banyak sub - sub studi kontemporer seperti ekonomi politik, perbandingan politik, psikologi politik, sosiologi politik, dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, tidak bisa diartikan bahwa ilmu politik kemudian meninggalkan cabang - cabang bahasan klasik seperti teori politik dan studi institusi politik, karena ilmu politik terus mengembangkan diri di atas pilar - pilar perkembangan sebelumnya dan menghasilkan studi - studi teori politik kontemporer, pendekatan - pendekatan baru (neo-institutionalism) dalam menganalisis institusi - institusi khas politik, dan lain - lain.

Posting Komentar untuk "Kajian Ilmu Politik Menurut Terbitan UNESCO 1950 dan Andrew Heywood 1997"