Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Jaringan / Internet Yang Perlu Anda Ketahui



Attenuation :
Penurunan daya sinyal selama pengiriman data/informasi berlangsung besarnya diukur dalam satuan decibel (db).

Applet :
          Biasa dikenal dengan Java Applet, merupakan suatu program komputer yang telah dikompilasi menjadi bytecode yaitu suatu keadaan program yang dapat dieksekusi langsung. Program ini akan dieksekusi oleh Java Virtual Machine, yang bisa berupa Web Browser seperti Netscape Navigator atau Microsoft Internet Explorer.


ASCII :
          ASCII atau American Standard Code for Information Interchange merupakan standar pengkodean karakter yang menjadi standar pengkodean internasional untuk setiap komputer di dunia.

ATX:
          Merupakan model motherboard dan power supply PC terbaru . Power supply ATX memiliki output 3.3, 5 dan 12 volt. Salah satu ciri ATX lainnya adalah pada saat melakukan shutdown Windows, kompuer secara otomatis iut mati (tidak perlu mematikan power komputer lagi).

Backbone :
          Saluran utama (tulang punggung) penghubung antar network pada suatu daerah/area yang jaraknya saling berjauhan.

Bandwidth :
          Adalah kecepatan maksimal yang dapat digunakan untuk melakukan transmisi data antarkomputer pada jaringan atau internet.

Banner :
          Salah satu bagian dari halaman web yang berisi iklan yang biasanya memiliki standar ukuran dalam bentuk pixels

Binary :
Suatu sistem penomoranyang hanya mengenal angka satu dan nol.

Bit :
          Singkatan dari BINARY DIGIT merupakan satuan terkecil untuk muatan data / informasi, istilah tersebut pertama kali dipakai oleh John Tukey pada tahun 1946.

Bnc T Connector :
Terminal segitiga untuk penghubung kabel coaxial RG- 58 pada jaringan Ethernet.

Bookmark :
Suatu catatan elektronik di dalam browser yang berisi alamat-alamat ke tempat yang kita senangi di internet.

Bounce :
Pengembalian bagian-bagian email karena suatu error yang terjadi pada proses pengantarannya.

Bridge :
          Perangkat yang dipergunakan untuk menghubungkan beberapa buah segmen jaringan komputer (LAN) yang sama ataupun berbeda, misalnya jaringan ETHERNET dengan TOKEN RING, lebih cepat daripada ROUTER dan lebih handal, karena paket yang didapat akan langsung dikirimkan ke alamat yg dituju tanpa ada proses penganalisaan/pengecekan dan tanpa ada routing kembali.

Broadband :
          Broadband adalah salah satu kategori dari jenis network berdasarkan bandwidth, contoh yang termasuk broadband seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) ataupun cable modem. Yang mana seperti ATM bisa mentransfer file sebesar 10MB dalam waktu 0.5 detik. Broadband banyak dijumpai pada backbone dari suatu network.

Byte
Singkatan dari BINARY TERM, juga satuan untuk muatan data/informasi, dimana besarnya 1 byte = 8 bit

CCITT :
          Singkatan dari Comité Consultatif International Téléphonique et Télégraphique, sebuah organisasi dunia dibawah organisasi induk ITU (International Telecommunication Union)yang mengatur standarisasi dalam dunia pertelekomunikasian data. Seperti V.22 (komunikasi data half-duplex dgn speed rate 1.200 bps), V.32 (standard untuk modem full-duplex dgn saluran telepon dgn speed rate 4.800 bps dan 9.600 bps),dsb.

Coaxial :
          Adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Jenis kabel ini biasa digunakan untuk jaringan dengan bandwith yang tinggi.

Collision :
          Adalah suatu kondisi yang terjadi bila dua buah device mengirim data pada saat yang bersamaan. Akibat dari kejadian ini adalah hilangnya data.

Cookie :
          Suatu file yang disimpan ke dalam harddisk Anda ketika mengakses halaman homepage tertentu. File ini seringkali berisi informasi seperti kebiasaan surfing Anda, dan pilihan apa saja yang telah Anda lakukan, pada kunjungan berikutnya homepage dapat mengenali Anda.

Database :
          Merupakan suatu himpunan file yang terhubung secara logik yang memiliki common access. Semua besaran data ditujukan pada beberapa sistem yang berhubungan. Sebuah databasee dapat memiliki beberapa data item yang bisa dipasang ke dalam banyak tipe perekaman yang berbeda.

Dial Up Connection :
          Koneksi antara dua komputer menggunakan saluran telepon dan modem. Koneksi Dial Up merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet.

Directory Caching :
          Merupakan salah satu feature dari Novell NetWare yang bertujuan untuk meningkatkan performance. Dalam directory caching, salinan FAT dan directory entry table ditulis ke dalam memory server jaringan. Sebuah lokasi file kemudian dapat dibaca dari memori, yang mana lebih cepat daripada pembacaan lewat disk.

Directory Hashing :
          Merupakan suatu metode pengindeksan lokasi file pada suatu disk, sehingga dapat mempercepat waktu yang diperlukan untuk mencari letak file pada disk tersebut.

Disk Mirroring :
          Suatu feature dari Novell NetWare yang bertujuan untuk melindungi data dari kesalahan hardware jaringan. Dengan disk mirroring, semua data pada sebuah hard disk diduplikasikan pada hard disk kedua pada saluran yang sama. Semua penulisan pada disk pertama akan dilakukan juga pada disk kedua. Jika hard disk pertama mengalami masalah, disk kedua secara otomatis akan mengambil alih.

DNS :
          DNS atau  (Domain Name System ) adalah suatu sistem untuk memetakan IP address dan nama host, dan untuk sarana bantu penyampaian email (email routing).

Downlink :
Downlink dapat diartikan sebagai saluran untuk mengirim data keluar (ke suatu server di internet).

Download :
Adalah proses untuk mengambil file dari internet.

Downstream :
          Sebuah bentuk transmisi (pengiriman sinyal) dari server kepada "end user" atau orang yang mengakses ke server, transmisi downstream dapat terbentuk didalam lalulintas jaringan komputer seperti LAN, WAN dsb yang berakhir di end user tadi. Lawan atau kebalikan dari Downstream adalah Upstream.

Email :
          Singkatan dari Electronic Mail, yang merupakan cara berinteraksi para pengguna komputer dalam berkirim surat melalui Internet.

Emoticon :
          Singkatan dari Emotion Icon, lambang atau gambar yang digunakan untuk mempermudah percakapan saat kita ber- chatting ria terutama untuk mengekspresikan diri, contohnya adalah; :-){tersenyum}, :-({sedih}, dll.

Encryption :
Adalah pengcakan atau penyandian data untuk keamanan data.

End system :
Adalah suatu device dalam sistem komunikasi yang berfungsi sebagai sumber atau tujuan akhir suatu data.

Ethernet :
Adalah kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibbuat oleh DEC, Intel dan Xerox, tetapi sekarang terutama dipasarkan oleh DEC dan 3Com.

Errata :
          Adalah nama kode kesalahan program yang ada pada OS Linux, sehingga server yang memakai OS ini harus meng-upgrade beberapa file sistemnya agar tidak dapat disusupi oleh orang jahil.

FAQ :
          FAQ atau Frequently Asked Question adalah suatu kumpulan dari pertanyaan yang sering diajukan (beserta jawabannya).

Fiber Optic :
          Kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal antar terminal, sering dipakai sebagai saluran BACKBONE karena kehandalannya yang tinggi dibandingkan dengan coaxial cable atau kabel UTP.

Finger :
          Adalah aplikasi yang menampilkan informasi tentang user tertentu atau semua user yang sedang login pada local system atau pada remote system. Yang ditampilkan biasanya nama panjang user, waktu login terakhir, waktu idle, terminal line dan lokasi terminal.

Firewall :
          Suatu program yang diterapkan untuk melindungi jaringan komputer terhadap akses-akses tertentu dari luar jaringan.

Flame :
Istilah ini dipakai dalam newsgroup atau mailing list, untuk isu yang dikeluarkan oleh seseorang yang bisa menyebabkan terjadinya polemik

Fragment :
          Adalah suatu bagian dari paket. Saat router mengirimkan sebuah paket IP ke suatu jaringan yang memiliki ukuran paket maksimum yang lebih kecil dari ukuran paket itu sendiri, maka paket tersebut menjadi fragment-fragmetn. Fragment - fragment ini kemudian akan disusun kembali pada lapisan IP pada host tujuan.

FTP :
          FTP atau ( File Transfer Protokol ) adalah suatu protokol internet yang digunakan untuk mentransfer file ke sebuah web server di internet sehingga file tersebut bisa diakses dari mana pun juga. Untuk memasuki FTP web server, seseorang harus mempunyai username dan password. FTP juga bisa disetting "Anonymous", sehingga orag yang memasuki suatu alamat FTP, tidak memerlukan username dan password. FTP di internet dikenali pada port 21.

GIF :
          Gif atau Graphics Interchange Format merupakan suatu format file untuk menyimpan data yang berupa gambar. Gif ini dikembangkan pertama kali oleh Compuserve.

Host :
          Adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi. Biasanya menunjuk pada mainframe dan minicomputer.

HTTP :
          HTTP atau  (HyperText Transfer Protocol) adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internt Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server. HTTP pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dengan versi HTTP/0.9. Versi terbaru HTTP adalah HTTP/1.1.

Hub :
          Perangkat penghubung komputer-komputer dalam jaringan (LAN)kepada server, terutama pada jaringan dengan bentuk STAR. HUb memiliki banyak port dan tiap port diisi oleh satu komputer.

ICMP :
ICMP atau Internet Control Message Protocol adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan atau paket ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer atasnya (TCP/UDP).

IEEE :
          ICMP atau Institute of Electrical and Electronic Engineers adalah institut yang membuat standarisasi jaringan untuk pengkabelan, topologi fisik dan skema pengaksesan.

IMAP :
          IMAP atau Internet Message Access Protocol adalah protokol standar untuk mengakses atau mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.

Internet :
Kumpulan dari Network (WAN) yang sangat luas yang saling terkoneksi dan dapat saling berkomunikasi.

IP :
IP atau Internet Protocol adalah protokol di internet yang mengurusi masalah pengalamatan dan mengatur pengiriman paket data sehingga ia sampati ke alamat yang benar.

Java :
          Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi berorientasi obyek yang dikembangkan pertama kali oleh Sun Microsystem pada tahun 1995. Source code bahasa Java berakhiran .java dan setelah dikompilasi menjadi file bytecode berakhiran .class. Keunggulan utama bahasa Java adalah multiplatform, yaitu dapat dijalankan pada bermacam-macam system operasi, seperti UNIX, Macintosh dan Windows, berkat adanya interpreter Java bernama Java Virtual Machine (JVM). Java menjadi populer karena banyak digunakan pada aplikasi World Wide Web dalam bentuk aplikasi kecil bernama Java Applet.

Kerberos :
          Adalah suatu sistem keamanan berdasarkan enkripsi yang menyediakan pembuktuan keaslian (mutual authentication) bersama-sama antara komponen client dan komponen server dalam lingkungan computing terdistribusi. Kerberos juga menyediakan hak-hak layanan yang dapat digunakan untuk mengontrol client mana yang berwenang mengakses suatu server.

Kernel :
Merupakan inti dari suatu sistem operasi yang berfungsi untuk mengatur system resources.

LAN :
          Lan atau  (Local Area Networks ) adalah suatu sistem yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya. Selain itu juga dapat menghubungkan antara komputer PC dengan perlengkapan elektreonik, memungkinkan pengguna untuk saling bekomunikasi, menggunakan resource yang dapat berupa tempat penyimpanan data dan printer secara bersama-sama, dll.

Majordomo :
Adalah salah satu software yang digunakan untuk menangani mailing list.

Mirror site :
          Merupakan duplikat dari suatu situs yang ditempatkan pada server yang berbeda dengan server aslinya. Fungsi mirror site ini adalah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas data pada suatu situs.

MP3 :
          Sebuah file extensi yang diasosiasikan kepada Mpeg Audio Layer 3. Jenis file ini memungkinkan penyimpanan file audio/musik dalam ukuran byte yang relatif kecil tanpa pengurangan kualitas yang berarti.

Modem :
          Modem atau modulator demodulator adalah suatu alat yang bekerja mengubah sinyal analog (telepon) menjadi sinyal digital (komputer) dan sebaliknya.

Moderator :
          Adalah orang yang bertanggung jawab atau mengatur suatu mailing list atau news group. Moderator dapat menentukan siapa saja yang dapat melakukan posting ke suatu mailing list, dapat mengeluarkan seseorang dari suatu mailing list, dsb.

Netiquette :
Adalah suatu aturan atau etika dalam berinternet.

Network adapter :
          Adalah suatu alat yang terpasang pada komputer baik server maupun workstation sehingga memungkinkan keduanya untuk saling berkomunikasi pada suatu jaringan.

Newsgroup :
          Adalah suatu fasilitas yang dapat digunakan sebagai forum diskusi di Internet. Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis, dengan huruf pertama sebagai kategori subyek, misalnya sci (sains), alt (alternatif), comp (komputer), dan lain-lain. Untuk menggunakan newsgroup diperlukan aplikasi bernama news reader dan koneksi internet ke news server terdekat.

Network :
          Sekumpulan dari komputer-komputer yang saling terkoneksi dan dapat berinteraksi/berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

OS/2 :
Adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan komputer IBM.

Ping :
          Adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk menguji hubungan antara dua system. Contoh, pada DOS prompt ketikkan ping www.mainmata.net dan akhiri dengan enter untuk menguji koneksi dari Anda ke situs MainMata.

Query :
Adalah suatu extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk "pengolahan" lebih lanjut.

Repeater :
          Alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen (satu atau lebih) kabel LAN yang lain. Dengan adanya repeater ini jarak antarjaringan komputer dapat dibuat lebih jauh.

Server :
Sebuah komputer yang mengatur jalannya lalu lintas komunikasi antar komputer atau network.

SNMP :
          SNMP atau ( Simple Network Management Protocol ) adalah protokol yang didesain untuk memberikan kemampuan kepada pemakai untuk mengelola jaringan komputernya dari jarak jauh atau remote. Pengelolaan ini dilaksanakan dengan cara melakukan polling dan setting variabel-variabel elemen jaringan yang dikelolanya.

Subnet Mask
          Adalah angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

TCP/IP
          TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet. Dengan TCP/IP ini perbedaan sistem operasi pada masing-masing komputer yang terhubung tidak menjadi masalah. Komputer dengan sistem operasi Windows dapat berkomunikasi dengan komputer Macintosh atau Sun SPARC yang menggunakan Solaris.

Telnet
          Adalah protokol yang digunakan untuk melakukan remote access, yaitu mengakses suatu "machine" dari jarak jauh. Dan "machine" ini memakai OS berbasis *NIX (linux, BSD maupun Unix). Akses telnet di internet dikenali pada port 23.

Terminator
          Perangkat yang dipasang pada ujung kabel RG-58 jaringan Ethernet yang gunanya untuk menghilangkan loss (rugi2 sinyal)pada saat sinyal dikirimkan.

Traffic
          Dalam dunia telekomunikasi diukur dalam satuan Erlang, adalah jumlah muatan yang ada atau terkandung didalam sebuah saluran komunikasi dimana terjadi interaksi antara server/provider dengan user, makin sedikit traffic yang terjadi makin cepat aksesnya.

UDP
          UDP atau user datagram protocol adalah suatu protokol pada lapisan Transport yang menyediakan layanan pengantaran datagram connectionless dengan usaha yang terbaik.

Ultra DMA
          Ultra DMA (UDMA) adalah protokol transfer data antara harddisk melalui bus komputer menuju RAM. Tulisan UDMA/33 artinya memiliki kecepatan transfer data maksimum 33,3 Mb per detik. UDMA memiliki kompatibilitas dengan harddisk IDE/EIDE dengan penggunakan kabel inrterface yang sama.

UPS
          Singkatan dari  (Uninterruptable Power System) , adalah perangkat yang merupakan back up catu daya bagi jaringan komputer agar dapat terus bekerja saat sumber daya dari PLN padam.

Unicode
          Adalah nama kode kesalahan program yang ada pada OS Microsoft Windows NT serta IIS. Sehingga jika suatu server memakai WinNT sebagi OS-nya maka OS tersebut harus di patch dengan benar, agar data yang ada tidak dapat dirusak oleh para script kiddies.

Virus
          dalah suatu program yang dapat menggandakan dirinya sendiri pada suatu sistem komputer. Virus ini biasanya mempunyai aksi yang merusak dan cenderung merugikan pengguna komputer.

VRML
          VRML atau Virtual Reality Modeling Language adalah sebuah spesifikasi untuk menampilkan gambar obyek 3D melalui world wide web. Supaya kita dapat melihat sebuah situs yang memuat VRML maka kita harus melengkapi browser kita dengan plugin VRML.

WAIS
          WAIS atau Wide Area Information Servers adalah suatu layanan terdistribusi yang menawarkan masukan bahasa alami sederhana, pencarian berindeks untuk perbaikan secara cepat serta suatu mekanisme "timbal balik yang relevan" dimana hasil-hasil pencarian awal dapat mempengaruhi pencarian yang akan datang.

Workstation
          Komputer yang digunakan oleh user untuk mengakses data dari/ke komputer server atau antar komputer.

World Wide Web
          Adalah suatu sistem informasi terdistribusi berbasis hypertext yang dibuat oleh para peneliti CERN. Dengan www, user dapat membuat, mengedit, atau sekedar melihat-lihat dokumen hypertext (seperti yang sedang Anda lakukan saat ini).

Workgroup
Dua orang atau lebih yang terhubung melalui LAN yang menggunakan file, database, dan resource lain secara bersama-sama.

X.25
Adalah standar CCITT yang mendefinisikan protokol komunikasi untuk mengakses jaringan packet switched.

10/100baseT Cat5
Jenis kabel jaringan yang mendukung frekwensi sampai 100 MHz dan kecepatan sampai 1000 Mbps.

Backup
Salinan dari sebuah file yang dibuat untuk memastikan bahwa jika file orisinal rusak atau dihancurkan, maka yang hilang akan diminimalkan dan kebanyakan tidak semua data bisa diperbaiki. Secara khusus, backup dibuat dalam interval reguler, yang disimpan di media yang dapat dipindahkan, misalnya disk Zip, dan diletakkan di lokasi yang terpisah dari komputer.

Broadband connection
Jenis koneksi Internet yang relatif cepat, selalu aktif, dan cocok untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, video, atau musik melalui Internet.

Cable
Jenis koneksi broadband yang populer yang memakai saluran televisi kabel yang sudah ada untuk berhubungan ke Internet. Koneksi kabel jauh lebih cepat dibanding koneksi telepon, membutuhkan modem kabel khusus, dan tidak mengganggu siaran televisi.

Category 5 (Cat5) UTP
Standar industri untuk kabel UTP (unshielded twisted-pair) yang dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer di suatu jaringan komputer.

Coaxial
Jenis kabel yang terdiri dari sebuah kabel tembaga yang dikelilingi oleh isolasi dan pelindung lubang kabel yang dihubungkan dengan tanah.

Collaboration
Lihat instant collaboration.

Contacts
Orang yang berkomunikasi dengan Anda di dalam Windows Messenger. Agar ditambahkan ke daftar Windows Messenger Contact, Anda mesti memiliki suatu rekening Passport. Selain itu, Anda perlu menginstal Windows Messenger dan dihubungkan ke Internet untuk berkomunikasi.

Cookie
Kepingan data kecil yang disimpan pada komputer Anda oleh situs Web. Cookie mengaktifkan situs Web untuk mengenali kedatangan kembali para pengunjung dan mengizinkan mereka untuk menyimpan setting masing-masing, seperti nama logon, password, dan setting halaman yang lazim.

Dial-up connection
Suatu jenis koneksi Internet yang memakai saluran telepon Anda untuk menentukan koneksi. Dial-up connection sangat populer tetapi sangat lambat. Komputer Anda menentukan koneksi Internet dengan memakai sebuah modem melalui saluran telepon dan mensyaratkan pemakaian sepenuhnya saluran telepon Anda selama durasi sesi Internet. Dial-up connection hanya cocok untuk pemakaian Internet yang tidak rutin dan pada umumnya terlampau lambat untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, musik, dan video.

Digital Satellite System (DSS)
Jenis dial-up connection yang memakai piring satelit untuk men-download informasi dari Internet. Walaupun piring DSS dapat men-download informasi secara cepat, koneksi ini hanya satu arah, yang berarti bahwa Anda masih harus menentukan dial-up connection melalui saluran telepon untuk memulai sesi Internet dan mengambil informasi.

Digital Subscriber Line (DSL)
Tipe broadband connection yang populer yang memanfaatkan keuntungan dari bandwidth yang tak dipakai dalam saluran telepon reguler untuk mempertukarkan data. DSL jauh lebih cepat ketimbang dial-up connection atau ISDN, tetapi DSL tidak mengganggu pemakaian telepon sehari-hari.

Ethernet crossover cable
Jenis kabel Ethernet khusus yang membolehkan dua komputer berhubungan satu sama lain secara langsung melalui adapter jaringan Ethernet-nya. Dengan kabel Ethernet yang normal, setiap komputer harus berhubungan ke hub jaringan untuk berkomunikasi.

File server
Sebuah komputer pada suatu jaringan yang menyediakan lokasi sentral untuk menyimpan file sehingga semua komputer lain pada jaringan bisa mengaksesnya. Pada umumnya, sebuah komputer yang bertindak sebagai file server mempunyai hard disk yang besar untuk menyimpan file dan beberapa jenis device backup, misalnya drive tape, untuk memastikan bahwa file tidak hilang atau dihancurkan.

File Transfer Protocol (FTP)
Suatu layanan Internet yang didesain secara spesifik untuk mentransfer file-file dari satu komputer pada Internet ke komputer lain. Server FTP di Internet bisa berisi sejumlah file besar, misalnya program atau gambar, yang dapat di-download para pemakai di Internet ke komputer mereka kapan pun mereka mau.

Firewall
Suatu device hardware atau program yang menolong mencegah akses yang tak berwenang ke sebuah komputer melalui koneksi jaringan. Firewall memantau dan menyaring paket-paket yang dikirimkan dan diterima, yang menyediakan rintangan di antara sebuah komputer atau suatu jaringan dan dunia luar.

First-party cookie
Cookie yang diletakkan pada komputer Anda oleh situs Web yang sedang Anda kunjungi. Lihat juga third-party cookie.

Gateway
Sebuah program software, device hardware, atau komputer khusus yang terletak di antara sebuah komputer atau jaringan dan jaringan lain. Gateway pada umumnya dipakai sebagai rintangan protektif di antara jaringan dan Internet, yang mengelola komunikasi masuk dan komunikasi keluar di antara komputer-komputer di jaringan dan Internet. Lihat juga hardware gateway.

Guest
Jenis rekening pemakai yang bisa mengakses program-program yang sudah diinstal pada komputer, tetapi tidak dapat mengganti setting rekening pemakai atau sistem apa pun. Rekening ini cocok untuk seseorang yang hanya membutuhkan akses temporer ke komputer – misalnya, untuk menjelajahi Web.

Guest computer
Sebuah komputer yang menerima koneksi dari komputer lain, yang ditunjuk sebagai host computer.

Hardware gateway
Suatu kombinasi hardware dan software yang menghubungkan suatu jaringan ke Internet. Gateway pada umumnya juga memakai ukuran untuk mengamankan komputer-komputer pada jaringan rumah Anda dari para pengacau dari luar. Anda dapat memakai sebuah komputer Windows XP sebagai Internet gateway bagi jaringan Anda atau Anda bisa membeli hardware tersendiri, yang juga dinamakan gateway, yang Anda hubungkan ke jaringan Anda dan Anda pakai untuk menentukan koneksi Internet.

Home Phoneline Networking Alliance (HomePNA)
Sekelompok pakar industri yang bekerja untuk menstandarkan desain jaringan yang dihubungkan melalui saluran televisi rumah. Standar tersebut mendorong pabrik-pabrik agar memproduksi device yang memanfaatkan keuntungan dari kabel telepon rumah dan mengizinkan interoperability di antara device-device yang berbeda.

Host
Sebuah komputer yang mengawali koneksi dengan komputer lain yang ditunjuk sebagai guest computer.

Industry Standard Architecture (ISA) slot
Ruang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya adapter jaringan. ISA slot biasanya berwarna hitam dan pada umumnya ditemukan hanya di dalam komputer-komputer yang sudah kuno.

Infrared (IR) port
          Port di dalam sebuah komputer, seringkali dengan plastik merah di sekelilingnya dan bohlam lampu kecil di bawahnya, yang memancarkan radiasi elektromagnetik, yang membolehkan terjadinya transfer data melalui udara.

Instant collaboration
Kemampuan untuk bekerja dengan orang-orang lain yang sesungguhnya melalui Internet. Collaboration mencakup mentransfer file, bersama-sama memakai whiteboard untuk menggambar, dan bersama-sama memakai aplikasi secara kolaboratif, misalnya Microsoft PowerPoint.

Instant communication
Perluasan penyampaian pesan instan dari teks ke modus komunikasi lain, seperti suara dan video. PC berkemampuan multimedia yang menyertakan speaker, mikrofon, atau headset, bisa menghasilkan suara; kamera Web bisa menghasilkan video.

Instant messaging
          Cara berkomunikasi di Internet yang di dalamnya pesan-pesan teks dikirimkan dan diterima secara instan. Tak seperti e-mail, yang disimpan di dalam mail server dan bisa di-download serta dilihat oleh seorang penerima kapan saja, instant message mengharuskan Anda dihubungkan ke Internet dan di-logon ke server atau layanan instant messaging.

Institute of Electrical and Electronics Engineers, Inc. (IEEE)
Suatu organisasi profesional teknik yang mengembangkan standar-standar di bidang teknologi elektronika.

Integrated Services Digital Network (ISDN)
Jenis dial-up connection yang memanfaatkan keuntungan dari bandwidth yang tak dipakai melalui saluran telepon reguler untuk mempertukarkan data. Kecepatan transmisi untuk ISDN lebih cepat dibanding dial-up connection, tetapi agak lambat dibanding DSL atau cable. ISDN mensyaratkan pemakaian sepenuhnya saluran telepon Anda untuk menentukan koneksi dan pada umumnya lebih mahal dibanding pilihan-pilihan lain.

Internet connection
          Koneksi ke jaringan komputer-komputer di seluruh dunia. Komputer Anda bisa berhubungan dengan memakai modem dan saluran telepon Anda atau melalui broadband connection, misalnya DSL atau cable modem. Ketika Anda dihubungkan ke Internet, Anda memiliki akses ke informasi yang disimpan pada komputer-komputer yang berbeda di seluruh dunia.

Internet Connection Sharing
          Fitur di dalam Windows XP dan Windows versi di aatasnya yang mengizinkan banyak komputer pada suatu jaringan memakai koneksi tunggal secara serentak ke Internet.

Internet Service Provider (ISP)
          Suatu organisasi atau perusahaan yang menyelenggarakan koneksi langsung ke Internet dan membolehkan Anda memperoleh akses ke Internet. Pada umumnya Anda menandatangani kontrak dengan ISP untuk membayar biaya tertentu dan ISP menyediakan Anda nomor telepon akses, nama pemakai, dan password. Komputer Anda memakai informasi ini untuk berhubungan ke sebuah komputer di dalam ISP, yang pada gilirannya memperlengkapi komputer Anda dengan akses ke Internet. Selain itu, kebanyakan ISP menyediakan layanan dukungan pelanggan dan e-mail.

Internet surfing
          Pemakaian browser Web Anda untuk melihat informasi yang disimpan pada banyak komputer berbeda di Internet. Informasi diakses melalui pages yang dikelola sebagai Web sites.

IP address
          Jenis alamat khusus yang mengidentifikasi sebuah komputer pada jaringan TCP/IP. Karena setiap komputer pada jaringan TCP/IP (misalnya Internet) mempunyai IP address, maka sembarang komputer bisa menemukan dan mengirimkan pesan-pesan ke sembarang komputer lain yang tersedia di jaringan.

IPX/SPX
          Jenis protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer untuk berkomunikasi satu sama lain pada suatu jaringan. IPX/SPX ditemukan oleh Novell dan pada umumnya hanya dipakai pada jaringan model kuno atau jaringan yang memakai software Novell NetWare. Kebanyakan jaringan dewasa ini lebih menyukai TCP/IP ketimbang SPX/IPX, karena TCP/IP adalah protocol yang dipakai di Internet.

Log file
Sebuah file yang merekam kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh aplikasi, layanan, atau sistem operasi.

Mapping
Pemberian sebuah huruf drive ke suatu folder di jaringan sehingga huruf drive itu muncul di jendela My Computer.

Mbps (megabyte per second)
Ukuran bandwidth, atau aliran komunikasi, melalui suatu jaringan atau media komunikasi lain.
Microsoft Outlook Express
Lihat Outlook Express.
Microsoft Windows Messenger
Lihat Windows Messenger.

Network adapter
Device fisik yang membolehkan sebuah komputer berhubungan melalui sebuah kabel ke device atau komputer lain untuk membuat jaringan. Kadang-kadang dinamakan network interface, suatu network adapter bisa menjadi card yang Anda instal di sebuah komputer atau device USB yang Anda hubungkan ke port di sebuah komputer.

Network bridge
Bagian dari device hardware atau software yang membuat koneksi di antara jenis-jenis media jaringan yang berbeda. Misalnya, jika Anda memiliki jaringan Ethernet dan jaringan phoneline (HPNA), maka network bridge memungkinkan komputer-komputer pada jaringan tersebut berkomunikasi satu sama lain. Windows XP menyediakan software network bridge yang mudah di-setup.

Network card
Papan sirkuit komputer yang diinstal di sebuah komputer untuk mengizinkan komputer berhubungan ke jaringan.

Network hub
Jenis hardware tempat kabel masuk dari banyak komputer dan data dipertukarkan serta dikirimkan ke komputer-komputer lain di jaringan. Network hub merupakan komponen yang sangat penting di jaringan Ethernet yang khas.

Network media
Kumpulan hardware seperti hub, cable, dan network adapter yang Anda pakai untuk menghubungkan komputer-komputer dan device lain secara fisik untuk membuat suatu jaringan.

Outlook Express
Program e-mail yang disertakan cuma-cuma di dalam Windows XP. Outlook Express memungkinkan untuk memeriksa rekening e-mail Anda secara cepat. Outlook Express juga membantu Anda mengawasi alamat dan nomor telepon rekan kerja serta teman Anda.

Packet
Potongan informasi yang bisa dikirimkan secara mudah melalui jaringan atau Internet. Saat sebuah file ditransmisikan melalui jaringan, file itu dipecah menjadi packet-packet kecil dan masing-masing packet dikirimkan secara terpisah melalui jaringan. Ketika semua packet mencapai komputer tujuan, packet tersebut disusun ulang oleh komputer tujuan untuk membentuk salinan yang lengkap dari file orisinal.

Parallel
Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara serentak melalui kawat yang dihubungkan secara paralel.

PC Card slot
Pembuka di dalam kotak sebuah komputer, biasanya laptop, yang dirancang untuk menahan PC card, misalnya network adapter.

Peripheral Components Interconnect (PCI) slot
Ruang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya network adapter. PCI slot biasanya berwarna putih.

Peripheral
Hardware yang dihubungkan ke sebuah komputer, misalnya printer, scanner, joystick.

Platform for Privacy Preferences (P3P)
Standar Internet yang terbukti didesain untuk memudahkan bagi situs Web mengiklankan kebijaksanaan privasinya dan bagi para pemakai menentukan preferensi privasinya. Agar P3P bisa efektif, situs Web harus menentukan kebijaksanaan privasinya dengan memakai standar P3P dan pemakai mesti memakai browser yang kompatibel dengan P3P, misalnya Internet Explorer.

Plug and Play
Fitur yang membolehkan sebuah komputer secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi device ketika dicantelkan ke komputer.

Plug and Play compatible
Device yang, ketika dicantelkan, bisa secara otomatis dikenali oleh Windows dan diaktifkan tanpa interaksi dari seorang pemakai.

Port
Titik koneksi pada sebuah komputer yang datanya bisa diberikan dan diambil. Beberapa port berbentuk fisik, misalnya port yang menghubungkan suatu printer ke sebuah komputer dan beberapa port lainnya adalah virtual, misalnya port TCP/IP yang dipakai sebuah komputer untuk berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet.

Printer driver
Suatu program yang dirancang untuk mengizinkan program-program lain bekerja dengan printer tertentu tanpa mempedulikan dirinya dengan spesifikasi dari bahasa internal dan hardware printer. Dengan memakai printer driver yang menangani penyewaan masing-masing printer, program bisa berkomunikasi secara sempurna dengan berbagai printer.

Privacy policy
Suatu dokumen yang dipasang di situs Web yang mendeskripsikan informasi apa yang dikumpulkan situs Web tentang diri Anda dan apa rencana-rencana perusahaan yang dikerjakan dengan informasi itu.

RJ-11
Stopkontak modul standar yang dipakai untuk koneksi telepon. RJ-11 bisa mencapai enam pin tetapi biasanya hanya memakai empat pin.

RJ-45 connector
Stopkontak modul standar yang dipakai untuk jaringan Ethernet. RJ-45 connector mempunyai delapan pin, yang kadang-kadang dinamakan position.

Scanner
Device yang dipakai untuk menyalin kertas, slide, transparansi, atau media lain ke suatu format digital, yang kemudian bisa disimpan dan dimanipulasi di sebuah komputer.

Serial
Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara berurutan, satu bit pada suatu waktu, melalui kabel tunggal. Pada umumnya komunikasi serial agak lambat dibanding komunikasi paralel.

Share name
Nama yang Anda berikan ke printer yang dipakai bersama-sama yang akan dilihat para pemakai lain saat mereka berhubungan ke printer di jaringan. Anda bisa mengganti share name dengan memakai tab Sharing pada kotak dialog Properties untuk printer itu.

Shared Documents folder
Sebuah folder pada komputer-komputer Windows XP yang mengizinkan dokumen-dokumen dipakai bersama-sama dengan para pemakai lain dari komputer itu serta komputer-komputer lain di jaringan. Sebuah folder dengan nama ini juga dibuat pada sistem operasi Windows lainnya oleh Windows XP Network Setup Wizard.

Shared folder
Sebuah folder yang dapat diakses ke komputer-komputer lain di jaringan.
Streaming
Suatu metode mengirimkan isi yang di dalamnya isi diletakkan di sebuah server yang ditransmisikan melalui suatu jaringan dalam aliran yang terus-menerus, lalu dimainkan oleh software client. Misalnya, dengan streaming musik, player bisa mulai memainkan musik segera, bukan menunggu seluruh file musik di-download ke komputer.

TCP/IP
Protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer di Internet untuk berkomunikasi satu sama lain. Karena semua komputer di Internet memakai TCP/IP, maka komputer itu bisa berkomunikasi dengan lancar. TCP/IP juga merupakan protocol pilihan bagi jaringan rumah atau jaringan kantor yang memakai Windows XP.

Third-party cookie
Cookie yang diletakkan di komputer Anda oleh situs Web selain situs Web yang sedang Anda kunjungi. Misalnya, banyak Web pages memakai isi dari sumber-sumber lain, seperti iklan, dan third-party sources ini dapat meletakkan cookie di komputer Anda. Third-party cookie mampu melewati banyak pelindung privasi yang dipasang ke cookie, yang mengakibatkannya terjadi resiko privasi yang lebih tinggi. Lihat juga first-party cookie.

Trojan horse
Suatu program yang menyamar sebagai suatu file atau program yang sah dan berusaha untuk melewati pintu keamanan dan kalau tidak memperdayai para pemakai supaya membuka virus atau program jahat lainnya di komputer mereka.

Universal Plug and Play (UPnP) Forum
Sekelompok perusahaan yang jumlahnya lebih dari 350 yang mendefinisikan kerangka kerja arsitektur untuk menghubungkan layanan dan device elektronik. UPnP Forum sedang membuat sejumlah standar untuk mengaktifkan konektivitas dan komunikasi di antara Windows dan alat-alat yang cerdik di rumah, kantor, dan lokasi-lokasi lain.

Unshielded Twisted Pair (UTP)
Jenis pengkabelan telepon tembaga yang paling lazim yang dipakai di dalam kabel untuk membuat jaringan.

USB port
Interface Plug and Play yang standar di antara sebuah komputer dan device tambahan. USB port memudahkan untuk menambahkan device ke komputer Anda tanpa harus menambahkan adapter card atau bahkan menonaktifkan komputer. Anda bisa menambahkan device, misalnya printer, joystick, mouse, keyboard, dan adapter jaringan.

Virus
Suatu program kecil yang menyelinap masuk ke sebuah komputer, biasanya mengerjakan beberapa tugas yang berbelit-belit, lalu meniru serta menyebarkan dirinya sendiri ke komputer-komputer lain. Pengembangbiakan jaringan dan Internet memberikan virus suatu metode yang baru dan efektif untuk penyebaran.

Virus protection software
Suatu program yang memantau virus-virus yang dikenali di sebuah komputer dan menggunakan ukuran untuk mempertahankan komputer dari virus tersebut
Web storage
Sebuah folder di jaringan yang di dalamnya Anda bisa menyimpan file. Web storage merupakan layanan yang tepat untuk dipakai ketika Anda ingin bersama-sama memakai foto, musik, atau video dengan keluarga dan teman.

Windows Messenger
Suatu layanan Windows yang membolehkan adanya komunikasi instan di antara sekelompok orang tertentu melalui Internet. Tak seperti program chat Internet, Windows Messenger hanya mengizinkan orang yang Anda inginkan sebagai bagian dari percakapan yang sedang berlangsung.

AND
Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

ADLS
Asymetric Digital Subscriber Line. Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.

Anonymous FTP
Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan “Anonymous” pada isian Username dan alamat email sebagai password.

ARPANET
Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.

ASCII
American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.

Backbone
Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.

Bandwidth
Besaran yang menunjukkan banyaknya data yang dapat dilewatkan di suatu saluran komunikasi pada network dalam satuan waktu tertentu.

Binary
 Biner. Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.

Bit – Binary digit.
Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1.

BPS – Bit Per second.
Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Broadband
Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.

Browser
Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web

Byte
Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.

CGI
Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI.

CGI - Bin
Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana program CGI disimpan.
Chat – Secara Harfiah
Chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard.

DNS
Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola.

DSL
Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.

Download
Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.

Downsteram
Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.

Email
Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: myname@mydomain.com.

Firewall
Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.

FTP
File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan mengguinakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP.

Gateway
Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan antara dua protokol yang berbeda. Pengertian yang lebih umum untuk istilah ini adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.

GPRS
General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.

Home Page/Homepage
Halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser.

Host
Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.

HTML
Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.

HTTP
Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.

IMAP
Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. Protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP.

Internet
Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANet.dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar yang ada saat ini.

Intranet
Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.

IP Address
Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

ISDN
Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya, ISDN merupakan merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.

ISP
Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet.

Leased Line
Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini.

Login
Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).

Miling List
Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

MIME
Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.

MTA
Mail Transport Agent. Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).

Network
Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.

NNTP
Network News Transfer Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan menggunakan port 119.

Node
Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network.
Packet Switching
Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router.

PERL
Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh.

POP
Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. Protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.

PPP
Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.

PSTN
Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel.

RFC
Request For Comments. Sebutan untuk hasil dan proses untuk menciptakan sebuah standar dalam internet. Sebuah standar baru diusulkan dan dipublikasikan di internet sebagai sebuah Request For Comments. Proposal ini selanjutnya akan di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah badan yang mengatur standarisasi di internet. Apabila standar tersebut kemudian diaplikasikan, maka ia akan tetap disebut sebagai RFC dengan referensi berupa nomor atau nama tertentu, misalnya standar format untuk email adalah RFC 822.

Router
Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan.

SDLS
Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL umumnya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik).

SGML
Standard Generalized Markup Language. Nama populer dari ISO Standard 8879 (tahun 1986) yang merupakan standar ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen secara elektronik dalam bentuk hypertext.

SMTP
Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP.

Telnet
Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100.

User Datagram Protocol
Salah satu protokol untuk keperluan transfer data yang merupakan bagian dari TCP/IP. UDP merujuk kepada paket data yang tidak menyediakan keterangan mengenai alamat asalnya saat paket data tersebut diterima.

Upload
Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Kebalikan dari kegiatan ini disebut download.

Upstream
Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.

URL
Uniform Resource Identifier. Sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme) yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skema://alamat.resource atau skema:alamat.resource. Misalnya, URI http://yahoo.com menunjukkan alamat resource yahoo.com yang dipanggil lewat skema HTTP Walaupun HTTP adalah skema yang sering digunakan, namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, News, dan sebagainya.

Usanet
Usenet news, atau dikenal juga dengan nama “Net news”, atau “news” saja, merupakan sebuah buletin board yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang dapat digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja dapat mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader. Akses ke server news dapat dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP atau dengan membaca langsung ke direktori spool untuk news yaitu direktori dimana artikel berada (cara terakhir ini sudah jarang dilakukan).

UUENCODE
Unix to Unix Encoding. Sebuah metode untuk mengkonfersikan file dalam format Biner ke ASCII agar dapat dikirimkan melalui email.

VOIP – Voice Over IP
VoIP adalah suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP).

VPN
Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Hal ini membuat network ini secara virtual “tertutup” (private).

WAP
Wireless Application Protocol. Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Belakangan juga dikembangkan protokol GPRS yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan WAP.

Webmail
Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.

WiFi
Wireless Fidelity. Standar industri untuk transmisi data secara nirkabel (wireless) yang dikembangkan menurut standar spesifikasi IEEE 802.11.

World Wide Web
Sering disingkat sebagai WWW atau “web” saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.

Anonymous FTP
Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan “Anonymous” pada isian Username dan alamat email sebagai password.

Arpanet
Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.

ASCII
American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.

DSL.
Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.

GPRS
General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.

Host
Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.

HTML
Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.

IMAP

Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP.
MTA – Mail Transport Agent
Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).
MUA
Lihat MTA.
PERL
Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh.

PPP
Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.

Protocol - Protocol
Seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem. Sebagai contoh, protokol HTTP mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protokol IMAP mengatur format komunikasi antara server email IMAP dengan klien.

PSTN
Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel.

RFC
Request For Comments. Sebutan untuk hasil dan proses untuk menciptakan sebuah standar dalam internet. Sebuah standar baru diusulkan dan dipublikasikan di internet sebagai sebuah Request For Comments. Proposal ini selanjutnya akan di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah badan yang mengatur standarisasi di internet. Apabila standar tersebut kemudian diaplikasikan, maka ia akan tetap disebut sebagai RFC dengan referensi berupa nomor atau nama tertentu, misalnya standar format untuk email adalah RFC 822.

SMTP
Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP.

SSH
Secure Shell. Protokol pengganti Telnet yang memungkinkan akses yang lebih secure ke remote-host.

Telnet
Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote-host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100. Penggunaan Telnet sangat rawan dari segi sekuriti. Saat ini penggunaan Telnet telah digantikan oleh protokol SSH dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

UDP – User Datagram Protocol
Salah satu protokol untuk keperluan transfer data yang merupakan bagian dari TCP/IP. UDP merujuk kepada paket data yang tidak menyediakan keterangan mengenai alamat asalnya saat paket data tersebut diterima.

VOIP
Voice over IP. VoIP adalah suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP).

VPN
Virtual Private Network. Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Hal ini membuat network ini secara virtual “tertutup” (private).

WAP
Wireless Application Protocol. Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Belakangan juga dikembangkan protokol GPRS yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan WAP.

Webmail
Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.

WML
Wireless Markup Language. Salah satu turunan dari format HTML yang khusus dikembangkan untuk dipakai pada protokol WAP.

XML
Extensible Markup Language. Pengembangan lebih lanjut dari format HTML yang digunakan dalam World Wide Web. XML memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan HTML, diantaranya dokumen lebih terstruktur, memungkinkan manipulasi tampilan data tanpa harus berhubungan dengan webserver, serta pertukaran data antar dokumen.

Admin : sama halnya dengan user tetapi memiliki hak yang lebih tinggi, dimana sebagai administrator dari sebuah jaringan komputer (termasuk internet), atau program interaksi seperti chat, dia berhak mengatur kondisi yang ada di jaringan dan program tersebut. Dia berhak untuk menerima dan menolak user-user yang ingin bergabung dengan jaringan dan program tersebut.

Altavista : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari informasi yang diperlukan. http://www.altavista.com

Cookies : adalah sebuah file kecil yang tersimpan pada cache folder dari sebuah program webbrowser, yang digunakan untuk penandaan data atau profile dari user, jika user tersebut memasuki kembali website yang di kunjungi. Dan juga tidak memerlukan player untuk menjalankannya.

Dial-Up : adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.

Dial-Up Networking : adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.

Domain name : adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.

Download : adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.

FTP : file transfer protocol adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.

GoLive : adalah program pembuat halaman situs web (webpage) yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems Inc.

Hacker : adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.

Homepage : adalah halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet, jika user memasuki alamat site tersebut pada webbrowser.

HTML : Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage.

Intranet : sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

ISP : Internet Service Provider, adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.

Kick : istilah khusus yang digunakan dalam ber-chatting yang dapat dilakukan oleh seorang admin untuk 'mengusir' atau 'menendang' seorang user program chat yang melakukan sesuatu tidak sesuai dengan etika dalam ber-chatting, atau melanggar nettiquette.

Modem : adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya.

Netscape Navigator : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.

Nettiquette : adalah etika-etika yang dibuat oleh admin untuk di patuhi oleh user dalam sebuah program chat.

Newsgroup : adalah suatu fasilitas di internet yang dapat digunakan untuk melihat dan mengirimkan berita ke sebuah kelompok atau forum tertentu. Misalkan jika terdapat sebuah forum newsgroup yang membahas mengenai kosmetika remaja, maka kita dapat ikut serta dalam forum tersebut dengan mengirimkan serta melihat berita atau pendapat yang terdapat pada newsgroup tersebut.

Newsletters : adalah berupa e-mail yang diterima oleh user yang menginginkan informasi tertentu dari sebuah website.

Notebook : komputer kecil (seperti buku catatan) yang dapat terkoneksi dengan internet, dengan menggunakan bantuan modem. Dan dapat melakukan komunikasi dan interaksi di internet seperti surfing, e-mail, chat.

<b>Object 3D
: adalah obyek-obyek seperti pada kehidupan sehari-hari yang dapat ditampilkan secara visual tiga dimensi pada webbrowser dengan bantuan Plugin tertentu.

Official site : situs resmi dari sebuah produk, perorangan, atau sebuah instansi/lembaga/perusahaan.

Online Transaction : transaksi perbankan yang dilakukan secara online. Seperti menggunakan kartu kredit, kartu cash.

Pagemill, Adobe : adalah program pembuat halaman situs web (webpage) yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems Inc..

Palm-top : komputer yang lebih kecil dari notebook yang dapat terkoneksi dengan internet, dengan menggunakan bantuan modem. Dan dapat melakukan interaksi di internet seperti e-mail.

Plugin : adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.

Search Engine : adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.

Server : adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.

Shopping Online : adalah fasilitas yang terdapat di internet, dimana user dapat berbelanja barang-barang sejara online. Biasanya pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, kartu anggota, kartu cash, atau on deliver (pembayaan dilakukan di tempat, setelah barang di kirimkan).

Surfing : adalah istilah yang digunakan untuk mem-browse, meng-explore, atau 'berjalan-jalan' di dunia internet dengan menggunakan program webbrowser, dimana kita dapat menjelajahi dunia internet yang sangat luas tersebut.

UNZIP : sebuah program untuk menguraikan data-data yang ada di dalam paket data (*.ZIP) ke sebuah directory.

Upload : adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

User : pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi,

Video-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa kumpulan gambar atau video.

Virus : adalah program tersembunyi yang dapat 'menebeng' atau 'membonceng' pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.

Voice-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.

VRML : Virtual Reality Modelling Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk menampilkan gambar 3 dimensi (virtual reality) pada sebuah halaman web.

WAP : Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.

Web browser : program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.

Web designer : seorang yang bertanggungjawab untuk menyusun layout dan membuat grafik yang ditampilkan di dalam situs web.

Web developer : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat program-program interaksi yang terdapat dalam sebuah situs web.

Webmaster : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.

Web page : adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.

Website : adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.

www : world wide web adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal penamaan (domain name) sebuah situs web.

XML : singkatan dari eXtended Markup Language adalah salah satu bahasa script yang merupakan turunan dari bahasa HTML.

ZIP : sebuah program untuk membuat paket data yang berisi beberapa data. Program ini akan menghasilkan file *.ZIP. Program ini sudah ada dalam versi windows juga,



Posting Komentar untuk "Kamus Jaringan / Internet Yang Perlu Anda Ketahui"