Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bocoran Soal CPNS 2020 – 2021 Dari Yang Sudah Ujian CAT

Passing Grade CPNS 2020


Kawan – kawan yang mendaftar dan lulus Administrasi sebentar lagi akan mengikuti ujian CAT SKD. Sebelum ujian tentu harus mempersiapkan kesiapan terbaik untuk menghadapi ujian agar hasil sesuai dengan harapan do’a dan permohonan. Berikut bocoran soal ujian CPNS 2019 – 2020 dari yang sudah mengikuti tes CAT SKD. Rangkuman dari beberapa orang yang sudah mengikuti seleksi CAT SKD, mereka memberikan / berbagi bocoran dengan ikhlas agar kawan – kawan yang belom ujian bisa lulus dan mendapatkan nilai terbaik.

TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) :
-      Soal yang keluar lebih banyak ke pengamalan nilai - nilai Pancasila, Bhineka, dan sebagainya di kehidupan sehari – hari.

-  Misalnya gotong royong, menghargai perbedaan adat budaya, perbedaan agama dan sebagainya.

-     Tentang bela negara, nasionalisme dan integritas. tadi soal yang keluar seperti tanggapan kita terkait wajib militer bagi pemuda, bagaimana seharusnya peran serta NKRI di dunia internasional, politik luar negeri Indonesia non - blok, contoh kecil bela negara di kehidupan sehari - hari.

-      Bahasa Indonesia, yang keluar banyak soal tentang perbaikan kalimat, ide pokok / ringkasan dari sebuah artikel. Bahasa Indonesia soalnya kayak koran.

-      Soal tentang radikalisme, terorisme dan intoleransi juga keluar, ekonomi internasional, tanggapan terkait serbuan budaya asing ke Indonesia, undang -undang pertanahan.

-   Tentang UUD 1945, yang keluar tugas Mahkamah Konstitusi (MK), alasan dibentuknya Mahkamah Konstitusi (MK), kenapa UU harus disepakati oleh presiden dan DPR, tentang HAM, Presiden memberi grasi rehabilitasi atas pertimbangan siapa, kenapa dibentuk panitia kecil dalam BPUPKI, Tugas Moh. Yamin pasca proklamasi.

TES INTELEGEN UMUM (TIU) :

-    Sesuai kisi - kisi semua, ada deret angka, mencari persamaan kata, silogisme, penarikan kesimpulan, perbedaan dan persamaan pola gambar, hitung - hitungan dasar, soal tentang kecepatan jarak waktu, volume air, dan yang banyak tadi seputar posisi duduk, seperti A duduk di sebelah B di belakang C, F duduk antara D dan E, ada sekitar 5 soal seperti itu. Mencari nilai x dan y. Dan lain - lain.


TES KPERIBADIAN (TKP) :

-     Kalo TKP seperti biasa, posisikan diri kita sebagai orang perfek, perfek menurut instansi, bukan menurut pribadi kita.

-    Yang perlu diingat, Setiap peserta soalnya berbeda - beda, jadi ini bukan patokan, tapi sebagai gambaran saja kira - kira seperti apa soalnya nanti yang akan keluar saat ujian CAT CPNS.

-      Tahun ini lebih mengedepankan nalar dan logika, daripada hafalan.

Semangat teman - teman yang belum tes, semoga Allah mudahkan, lancarkan dan mendapat hasil yang terbaik. Aaminn...Aaminn...Aaminn...Ya Robbal Alamin...

4 komentar untuk "Bocoran Soal CPNS 2020 – 2021 Dari Yang Sudah Ujian CAT"

Orang bijak selalu meninggalkan jejak

close