Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Jitu Dan Tips Cara Cepat Menjawab Soal Ujian CPNS 2021

Trik Jitu Dan Tips Cara Cepat Menjawab Soal Ujian CPNS 2021


Aekbila - Salah satu dari tahapan - tahap ujian untuk mengikuti seleksi CPNS adalah seleksi SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Dan ini adalah dua seleksi yang wajib dikerjakan, apabila telah lulus passing grade pada tahapan SKD maka akan di rengking lagi baru bisa mengikuti ujian SKB.

 

Seperti biasanya tes SKD menggunakan CAT (Computer Assisted Test). Jumlah soal SKD biasa sebanyak 100 soal yang dikerjakan dalam waktu 90 menit. Sedangkan dalam Soal SKD dibagi lagi menjadi 3 bagian, yaitu:

 

·         TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) terdiri dari 35 soal

·         TIU (Tes Intelegensi Umum) terdiri dari 30 soal

·         TKP( Tes Kraktristik Pribadi) terdiri dari 35 soal.

 

Dan perlu anda ketahui dalam ujian / tes ini ada passing grade (nilai ambang batas yang harus dicapai), agar bisa dinyatakan lolos dan diproses lebih lanjut. Setelah lolos maka kita akan direngking kembali karena mungkin yang diperlukan hanya beberapa orang diantara nilai yang sama atau berdekatan.

 

Akan tetapi pada dasarnya harus lulus passinggrade-nya dulu dan nilai tertinggi dan yang paling cepat selesailah yang akan terpilih.

 

Nah masing - masig poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), untuk benar poin dapat nilai 5 dan salah 0, TIU juga seperti itu, untuk ilai benar 5 dan salah 0, akan tetapi TKP ini berbeda, khusus TKP tidak ada poin 0, yang ada TKP memiliki rentang nilai 1-5 dari setiap pilihan jawaban.

 

Jadi untuk passing grade ada juga nilai skor yang harus dicapai, yaitu:

1.    Untuk TWK dengan nilai 75, jadi minimal kita harus bisa menjawab 15 soal dengan benar.

2.    Untuk TIU dengan Nilai 80, jadi minimal kita harus bisa menjawab soal 16  soal dengan benar.

3.    Adapun TKP harus mencapai nilai 143, dimana minimal kita harus bisa menjawab 29 soal dengan poin 5.

 

Untuk passing grade harus lolos semuanya, karena apabila ada salah satu yang tidak lolos maka anda akan dinyatakan gagal passing grade (tidak lulus). Misalnya di TWK anda mencapai nilai ambang yang ditentukan dan TIU bahkan melebihi nilai ambang yang ditentukan sedangkan TKP masih kurang 1 atau 2 angka lagi dari passing grade TKP, maka dinyatakan anda akan gagal (tidak lolos).

 

Adapun rincian Mata pelajaran yang termasuk ke dalam TWK adalah semua yang berhubungan dengan Kenegaraan baik itu Penerapan UUD, Pancasila, dan sebagainya. Sedangkan untuk TIU termasuk mata pelajaran matematika dasar, Bahasa Indonesia, Figuran, dan Antonim juga Sinonim. Dan untuk TKP itu tes Kepribadian seseorang, dimana kita menjawab dengan apa yang menurut kita benar.

 

Trik Mengerjakan Soal CPNS 2021 :

 

1.    Berdo’a dengan sungguh – sungguh, rileks dan santai (jangan menggebu – gebu)

2.    Fokus untuk menjawab dengan benar, yaitu 20 soal TWK dan 20 soal TIU dan 35 TKP terlebih dahulu.

3.    Bagi waktu yang 90 menit menjadi 80 menit dan 10 menit.

4.    Waktu yang 80 menit pertama fokuskan untuk mencari jawaban yang benar dari soal-soal yang ada.

5.    Adapun 10 menit trakhir anda gunakan untuk menebak jawaban sulit yang belum terjawab.

6.    Kerjakan soal yang menurut anda lebih mudah dan tiggalkan soal yang menurut anda sulit, jangan menghabiskan waktu untuk mengerjakan soal yang menurut ada sulit.

7.    Gunakan waktu sebaik mungkin dengan trik maksimal 1 menit untuk menjawab 1 soal. Jadi kedisiplinan dalam mengatur waktu itu sangat perlu dan jangan menghabiskan waktu dengan soal yang sulit sedangkan dibelakang masih banyak soal yang lebih mudah.

8.     Kalau sudah bingung dengan soal sulit yang tersisa maka gunakan intuisi sendiri dalam menebak jawaban, jangan dikosongkan mana tau jawaban yang asal-asalan ternyata benar.

9.    Mulailah Mengerjakan soal TWK ataupun TIU, dan belakangkan mengerjakan TKP, karna TKP tidak terlalu fokus dalam mengerjakannya karena semua jawaban sudah diberikan nilainya masing - masing.

10. Untuk teks atau wacana, fokuslah pada pertanyaan yang mungkin ditanyakan soal, barulah baca teks atau wacananya, karna jika anda membaca teks atau wacana terlebih dahulu mungkin anda akan lupa ketika hal apa yang ditayakan soal, dan anda akan menghabiskan waktu dalam soal tersebut.

11. Pikiran harus fokus, rileks, jangan terlalu memikirkan waktu akan tetapi gunakanlah waktu itu sebaik mungkin.

12. Banyak berdo’a, pasrahkan semua nasib jawaban anda kepada yang MAHA KUASA, semoga diberikan yang terbaik.

 

Demikian tips dan trik menjawab soal CPNS 2021 dari aekbila.com mudah-mudahan para pejuang NIP 2021 dimudahkan dan dilancarkan lulus semua tahap – tahap seleksi CPNS. Semoga berguna dan bermanfaat menjadi referensi lulus CPNS 2021. Aamiin...


tips ujian cpns 2021


Posting Komentar untuk "Trik Jitu Dan Tips Cara Cepat Menjawab Soal Ujian CPNS 2021"