Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi BIP Pengganti WhatsAap – Aplikasi Muslim

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi BIP  Pengganti WhatsAap


Kebijakan privasi WhatsApp telah memberi keuntungan bagi sejumlah aplikasi perpesanan. Salah satu yang mendapat dampak positif dari kebijakan itu adalah aplikasi BiP.

 

BIP mendadak menjadi populer setelah pengguna WhatsApp mulai mencari alternatif aplikasi yang aman. Sebab, kebijakan privasi baru WhatsApp disebut mengumpulkan data pengguna dan membagikannya ke facebook.

 

BIP adalah platform perpesanan Turki yang dibuat oleh pengembang bernama BiP AS. Aplikasi ini mendapatkan popularitas yang luas di negara tersebut setelah kebijakan privasi dari WhatsApp.

 

Aplikasi BIP adalah sebuah aplikasi pesan yang dibuat oleh negara turki, sampai saat ini sudah 192 yang menggunakan aplikasi chat ini.

 

Berbagai laporan juga menyebut Kantor Komunikasi Kepresidenan dan kementerian pertahanan Turki telah mulai memindahkan grup obrolan mereka ke aplikasi BiP yang dikembangkan secara lokal.

 

Aplikasi BiP saat ini tersedia di platform iOS dan Android. Menariknya, aplikasi ini juga menawarkan versi web untuk pengguna PC, yang mirip dengan web WhatsApp.

 

 

Kelebihan Aplikasi BIP Dibandingkan WhatsApp

1.    Kirim fitur pesan lengkap

Hampir sama dengan Telegram, BiP juga dilengkapi fitur agar pesan teks yang dikirim bisa hilang secara otomatis, dengan pengaturan waktu yang sudah diatur sebelumnya. Fitur ini cocok untuk informasi yang pribadi.

Pengguna juga bisa mengirimkan foto dan video dalam kualitas HD. Untuk personalisasi obrolan, tersedia stiker yang bisa dikirimkan ke pengguna lain. Juga fitur Press and Talk di mana kamu bisa mengirim suara melalui voice note, hanya dengan menahan tombol mikrofon.

 

2.    Bisa terjemahkan chat secara otomatis

Ingin berkomunikasi dengan teman di luar negeri, atau mereka yang punya bahasa ibu berbeda? BiP bisa dijadikan alternatif terbaik. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur Instant Translation, hingga 106 bahasa. Bisa terjadi secara otomatis.

 

Chat atau pesan yang kamu kirimkan, bisa langsung diterjemahkan oleh penerima dan berlaku sebaliknya. Sehingga tak perlu lagi untuk keluar aplikasi, mengakses aplikasi penerjemah terpisah yang bakal membuat obrolan menjadi lebih lama.

 

3.    Mendukung panggilan video HD

Fitur panggilan video pada aplikasi kirim pesan BiP juga baru saja ditingkatkan. Kalau WhatsApp maksimal baru 8 orang, BiP sudah bisa mendukung panggilan video dalam sebuah grup hingga 10 partisipan.

 

Fitur yang kini banyak digunakan oleh masyarakat selama pandemi, demi tetap terhubung dengan orang lain meski secara virtual.

 

4.    Bisa diakses dimana saja

Selain dari smartphone Android, BiP juga tersedia di Apple App Store untuk pengguna perangkat iOS, bahkan di Huawei App Gallery. Tentunya juga aplikasi PC, sehingga mereka yang bekerja menggunakan laptop sepanjang jam kerja masih bisa berkomunikasi langsung dengan pengguna BiP lainnya tanpa harus pindah perangkat.

 

Aplikasi BiP juga bisa mengintegrasikan dua nomor dalam satu aplikasi, sehingga pengguna tak perlu membawa dua smartphone untuk bisa terima pesan dengan pengguna BiP lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa gantikan aplikasi SMS bawaan Android, untuk faktor kepraktisan.

5.    Jumlah Anggota Grup Banyak

Salah satu kelemahan Wa yang kerap dikeluhkan adalah jumlah anggota grup yang hanya dibatasi sampai 265 saja. Bip menghadirkan solusi baru yakni bisa maksimal menampung 1000 anggota

 

6.    Kirim File dalam ukuran besar

Wa juga memiliki kekurangan dalam mengirim dokumen dimana ukuran yang diperbolehkan sangat kecil. Kamu bisa kirim video dengan durasi panjang menggunakan Bip.

 

7.    Sediakan permainan dan channel

Serupa dengan Telegram, BiP juga punya fitur Discover di mana ada lebih dari 250 layanan hingga channel yang bisa diakses, untuk permudah kebutuhan sehari-hari. Beberapa di antaranya juga berupa permainan. Lumayan, tak perlu memasang aplikasi lain, demi menghemat memori smartphone.

 

Masih ada beberapa fitur lainnya yang juga tak kalah menarik seperti personalisasi tampilan aplikasi, mode malam dan lainnya. Namun menurut kami, lima poin di atas adalah fitur utama yang BiP tawarkan, sebagai bahan pertimbangan untuk berpindah dari WhatsApp.

 

Kekurangan Aplikasi BIP dibandingkan WhatsApp

1.    Jumlah pengguna yang belum banyak

Bip memang belum sepopular WA. Kamu bisa cek circlemu mungkin belum ada yang menggunakan Bip. Untuk itu kamu bisa undang mereka.

 

2.    Belum Teruji

WA selama ini sudah teruji cukup handal dalam berkirim pesan ataupun melakukan panggilan secara nyaman. Sebagai pemain baru, Bip belum begitu teruji akan kemampuanya.

 

Cara Download Aplikasi BIP

1.    Sebelum Anda menggunakan BiP, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi BiP.

Jika Anda menggunakan iPhone silakan donwload di AppStore. Sedangkan jika Anda menggunakan smartphone Android, silakan buka Play Store, cari aplikasi BiP dan tap tombol Install.

 

2.    Buka aplikasi BIP.

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi BiP lalu pilih Get BiP’n dan continue untuk menyetujui Terms of Use atau syarat penggunaan.

 

3.    Masukkan nomor handphone

Pastikan Anda memasukkan nomor handphone yang masih aktif, lalu pilih Get Verification Code untuk mendapatkan SMS Verifikasi.

 

4.    Masukkan kode verifikasi yang telah anda terima lalu selesai dan aplikasi BIP anda sudah bisa di gunakan.

 

Sekian dan terimakasih… Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi BIP Pengganti WhatsAap – Aplikasi Muslim"