Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Balik Nama Listrik PLN Online

biaya balik nama pln secara online
Balik Nama Listrik PLN

Perusahaan Listrik Negara

Perusahaan Listrik Negara Atau Singkatannya adalah PT. PLN adalah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan Indonesia.

Apa Itu PT PLN?

Pada Tahun 1972, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 17, Status Perusahaan Listrik Negara (PLN) ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan sebagai Pemegang Kuasa Ketenagalistrikan (PKUK) dengan tugas  menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum.

Apakah PLN Milik negara?

PT. PLN (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga listrik yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Cara Ubah Nama PLN Online

Cara Balik Nama Listrik PLN

Hai saudara, untuk permohonan Balik Nama, mohon kesediaannya datang langsung ke Area Pelayanan PLN terkait dan terdekat, dengan melengkapi  / membawa persyaratan sebagai berikut:
  1. ID pelanggan/ ID meter
  2. Nomor identitas (KTP)
  3. Nomor telepon yang dapat dihubungi
  4. Alamat email
  5. Alamat lengkap lokasi (jln, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kab/provinsi).
  6. Melunasi seluruh kewajiban seperti tagihan rekening, Tagihan Susulan, dll (jika ada)
  7. Membayar biaya penyesuaian Uang Jaminan Langganan (bagi pelanggan Paskabayar)
  8. Surat kepemilikan bangunan sudah atas nama pemilik baru (seperti: Sertifikat, Akte Jual Beli/AJB). Apabila masih dalam poses, mohon dapat ditunggu sampai dengan perubahan data nama pada bukti kepemilikan bangunan tersebut. 
  9. Apabila dikuasakan, mohon melengkapi surat kuasa berikut no identitas pemohon (KTP), alamat dan no telepon.
Untuk mendapatkan No. Register pembayaran penyesuaian Uang Jaminan Langganan yang akan diinformasikan dari Area Pelayanan PLN, mohon agar menyerahkan kelengkapan persyaratan tersebut ke unit setempat.

Download Aplikasi PLN Terbaru

Cara / Panduan Install & Login PLN Mobile

  1. Buka Link diatas
  2. Klick install
  3. Buka / open
  4. Pilih login / masuk dengen : Google atau Email
  5. Masukkan Email anda
  6. Klick masuk untuk selanjutnya
  7. Review detail akun anda, pastikan nama lengkap sesuai KTP
  8. Masukkan Nomor HP yang aktif
  9. Simpan
  10. User berhasil login dan masuk ke beranda PLN Mobile

Fitur PLN Mobile

Untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan pengguna PLN, Pihak PLN menghadirkan aplikasi PLN Mobile dengan berbagai fitur terbaru: Apa saja fiturnya? baca dan simak dibawah ini : 
  • Pengaduan
Pengaduan anda saat ini dilengkapi fitur Auto Dispatch, yang memudahkan anda untuk meneruskan laporan langsung ke petugas teknis terdekat yang tersedia (berlaku di beberapa lokasi). Anda juga akan mendapatkan notifikasi terkait kejadian padam di sekitar lokasi maupun rumah Anda, termasuk ketika listrik sudah kembali menyala.

  • Pembayaran langsung dari Aplikasi
Agar semakin mudah dalam membeli token maupun membayar tagihan, kami tambahkan fitur pembayaran langsung yang dapat diakses dari aplikasi. Kami sediakan pembayaran dengan menggunakan Virtual Account, dompet digital maupun layanan kartu kredit.

  • Pelaporan Catat Meter Mandiri
Kurangi interaksi petugas ke rumah dan bantu kami laporkan angka stand meter listrik untuk perhitungan tagihan Anda.

  • Pengajuan Perubahan Daya
Listrik sering putus karena kurang daya? Ajukan langsung ubah daya lebih mudah dan hanya dalam genggaman.

  • Isi Token Listrik

Cara Penggunaan Aplikasi Dapat Melalui link sbb:

  • Install Aplikasi : https://bit.ly/PenggunaanPLNMobile
  • Full Service : https://bit.ly/CaraFullService
  • Aduan Gangguan : https://bit.ly/Gangguan-dengan ID PeL atau https://bit.ly/Gangguan-tanpa ID PeLanggan
  • Aduan Keluhan : http://bit.ly/AduanKeluhan
  • Catat Meter : https://bit.ly/Swa-CAM
  • Fitur Niaga : https://bit.ly/PB-Listrik atau https://bit.ly/PD-Listrik

Untung ada PLN Mobile! Dengan PLN Mobile, Electrizen bisa beli token listrik tanpa harus keluar rumah lho, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Cara menghitung tarif per KWH?

Untuk mengetahui info Tarif Tenaga Listrik (khusus tarif adjustment) melalui PLN Mobile:
1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Pada menu info & promo klik lihat semua
3. Klik Tarif Tenaga Listrik

Menambah Daya Kontrakan / Nyewa?

Data untuk penambahan daya harus sesuai id pelanggan? kalau nyewa atau kotrakan bagaimana.? atau nama yang tertera di id pelanggan sudah meninggal.?

Hai Kak. Kami informasikan, persyaratan yg disiapkan apabila kakak sebagai penyewa bangunan adalah : 
  • Persyaratan berupa FC KTP Penanggungjawab atas kontrakan tersebut saat ini dan 
  • KTP pemohon (apabila dikuasakan/penyewa) masing - masing 2 lembar, 
  • Surat kuasa bermaterai Rp 10.000,- (hanya untuk pemohon selain keluarga inti), 
  • Materai Rp 10.000,- (2 buah) untuk penandatanganan SPJBTL (Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik) diberikan kepada petugas pada saat realisasi penyambungan.
  • Untuk mewujudkan PLN terbaik, mohon tidak memberikan tambahan biaya kepada petugas 


Cara Merubah Tarif Non Subsidi Menjadi Subsidi

Mohon Agar dapat Admin lakukan pengecekan mohon diinformasikan no id pel? Kami informasikan bagi pelanggan yang ingin mengajukan permohonan terkait subsidi maka terlebih dahulu Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan harus telah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Apabila nomor induk kependudukan tidak terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maka penyambungan listrik pelanggan daya 900 VA non-subsidi. Untuk mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan telah terdaftar pada DTKS dapat mengakses link: https://dtks.kemensos.go.id/

Untuk perubahan tarif dari Non subsidi menjadi Subsidi dapat datang langsung ke Unit Layanan PLN di Hari dan Jam Kerja. Persyaratan berupa :
  1. FC Kartu Keluarga (KK), 
  2. FC KTP pemilik & 
  3. Pemohon (apabila diberikan kuasa) 2 buah, Surat kuasa bematerai (pemohon selain dari Keluarga Inti)

36 komentar untuk "Cara Balik Nama Listrik PLN Online"

  1. Balasan
    1. gunanya jaman online ini apa klo berkas ato pengurusan tdk bisa online

      Hapus
  2. Balasan
    1. sudah seperti itu administrasinya bro...
      nanti digampangkan semua orang bisa seenaknya/menyalahgunakan mengubah semaunya.

      Hapus
    2. Syaratnya fotocopian atau yg aslinya pak?

      Hapus
    3. agar lebih aman, bawak asli dan fc nya pak. silahkan copy kan dlu rangkap 2

      Hapus
  3. Pengen ganti nama pemilik pertama. Tapi persyaratan lumayan banyak. Padahal rumahnya sudah milik saya. Apa engga cukup KTP aja.?

    BalasHapus
  4. Pengen ganti Pemilik pertama. Tapi persyaratan nya lumayan juga. Padahal rumah sudah milik saya. Ap engga cukup KTP aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ktp .no.token listrik. sertifikat rumah pemilik yg baru

      Hapus
    2. Kalau pakai akte hibah bisa pak?

      Hapus
  5. Pengen balik nama karna gada AJB nya terus gimana ?

    BalasHapus
  6. kalau rumahnya di luar daerah mau balik nama repot juga.kalau bayar tagihanya kenapa bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai sekarang seperti itu prosedurnya kak. untuk bayar tagihan memang sudah bisa dimanapun kita berada.

      Hapus
  7. Pengen balik naama tpi AJB ga ada,sertifikat tanah juga lom punnya,sertifikat tanah punya ortu.pertama beli meteran listrik pas sekalian beli sama rumah bekas doang.solusi ny gimna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak mesti sertifikat, surat kepala desa / camat juga bisa. bawak saja syarat2nya sebelum kekantor PLN silahkan copykan rangkap 2 dan jangan lupa bawak aslinya seandainya diminta tinggal tunjukin.

      Hapus
  8. Baliknama 450ke450 syaratnya apa pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ID pelanggan/ ID meter
      Nomor identitas (KTP)
      Nomor telepon yang dapat dihubungi
      Alamat email
      Alamat lengkap lokasi (jln, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kab/provinsi).
      Melunasi seluruh kewajiban seperti tagihan rekening, Tagihan Susulan, dll (jika ada)
      Membayar biaya penyesuaian Uang Jaminan Langganan (bagi pelanggan Paskabayar)
      Surat kepemilikan bangunan sudah atas nama pemilik baru (seperti: Sertifikat, Akte Jual Beli/AJB). Apabila masih dalam poses, mohon dapat ditunggu sampai dengan perubahan data nama pada bukti kepemilikan bangunan tersebut.
      Apabila dikuasakan, mohon melengkapi surat kuasa berikut no identitas pemohon (KTP), alamat dan no telepon.

      bawakan semua syarat2 kekantor PLN terdekat

      Hapus
  9. Kalo mau balik nama PLN nya menjadi subsidi Saya karena yg skrg besar sekali ngisi token listriknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. peralihan dari non subsidi ke subsidi harus menjadi keluarga PKH (Porogram Keluarga Harapana) / Miskin om,,,
      kalau memang bapak layak silahkan datang kekantor desa/kecamatan/dinsos

      Hapus
  10. Listrik di rumah saya bersubsidi, jika balik nama apakah subsidinya hangus ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hilang bro... hangus, syarat bersubsidi itu harus anggota Program Keluarga harapan (PKH). Jika anda atau keluarga anggota PKH tapi belum bersubsidi, silahkan bawak KK, KTP, Kartu Meteran Listrik anda dan bawakan kekantor pln terdekat.

      Hapus
    2. Syarat bersubsidi itu harus anggota Program Keluarga harapan (PKH). Jika anda atau keluarga anggota PKH tapi belum bersubsidi, silahkan bawak KK, KTP, Kartu Meteran Listrik anda dan bawakan kekantor pln terdekat.

      Hapus
  11. Kak. Ini kan rumah ortu trs listrik atas nama nenek. Sudah meninggal lama sekali. Terus kalo ganti nama gimana?. Ktp ny pun gada. Salah ny ortu dulu si mikir gaush balik2 nama segala. Kan skrg jadi kerepotan klo bukan atas nama sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya gak ada rugi dan untung sih untuk permasalahan atas nama siapa tagihan listrik apalagi yang TOKEN. tapi kalau tetap mau diganti bawak saja akte kematian neneknya, nomor pelanggan listrik/nomor token dan surat kepemilikan rumah/ sertifikat ke kantor PLN terdekat.

      Hapus
  12. kalo nama pemilik ufah mninggal ktp pun ga ada ... gmna blik namanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada akte kematian (surat keterangan meninggal) boleh dibawak asli dan fc nya. dan jangan lupa bawak surat2 berkaitan dengan kepemilikan rumah (surat rumah, sertifikar rumah)

      Hapus
  13. maaf mau tanya kalau meter listrik di nonaktifkan sama pengguna pertama bagaimana caranya aktifkan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal datangi kantor PLN terdekat minta di aktifin lagi

      Hapus
  14. Maaf ijin tanya kok pke uang penyesesuaian itu apa dan brp besarnya...blk nm kok admin segala sh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. besarannya hanya orang PLN yang tau. itu bukan admin dan itu berlaku untuk pln pascabayar, kalau yang sudah token tidak ada biaya tersebut

      Hapus
  15. Solusi Balik nama Dr nama Pihak pengembang kepada pemilik yg telah akad Smntra Rumah Msih dlm proses kredit d bank..
    Syarat untuk proses balik nama gimna..?

    BalasHapus
  16. Walau yg tertera di IDnya sdh Meninggal tetap tdk saya balik nama....ribet min mbayar lagi

    BalasHapus
  17. Nama id pelanggan masih nama ayah saya terus saya pengen merubah nama pln nya jadi nama saya gimana ya,, Saya pribadi belum punya sertifikat tanah, gimana solusinya

    BalasHapus
  18. Bolehkah balik nama meteran tanpa sepengetahuan pemilik pertama....??

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar agar kami lebih baik.