Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakal Mangkrak Seperti Hambalang Nih!!!

jokowi mangkrak

Proyek yang paling tidak mungkin di kerjakan sampai akhir masa jabatan walaupun di tambah 1 kali lagi hingga 3 masa jabatan, adalah tidak mungkin jadi atau bisa membangun ibukota baru di penajam kalimantan timur.

Ada lagi yang sulit di laksanakan yaitu Membangunnya mungkin bisa, namun ruh nya tidak akan dapat. Ruh atau semangat mengapa penduduk pindah ke penajam kaltim ibukota yang katanya baru tersebut. Apa karena pekerjaan saja cukup memindahkan manusia ke tempat baru?

Yang tersering migrasi perpindahan tempat hidup adalah karena HARAPAN. Lebih baik, lebih mudah, lebih aman, lebih sehat dan banyak lagi semangat hidup yang akan di dapat karena HARAPAN.

Sekarang harapan apa yang bisa di dapat disana?

Seperti banyaknya yang komentar kalau begini begini aja nih cara kelolaan negaranya, gw pindah negara aja tinggalin dulu indonesia? Ada banyak kalimat itu terdengar oleh kita beberapa tahun ini karena sesaknya sulitnya mencari kemakmuran di negara tetangga kita yang pejabat utamanya mengendalikan jalannya bernegara padahal dia TIDAK DI PILIH OLEH RAKYATnya.

Karena hilangnya harapan dan banyaknya peluang di negara lain, yang lagi lazy money.

Kemudian memindahkan orang sebanyak 5 juta, itu terjadi dalam kurun lama, paling cepat  dalam 10 tahun. Itupun harapan hidupnya harus menjanjikan 2 kali dari tempat tinggalnya yang lama yang di capai cepat.

Kota itu akan jadi kota mati. Mangkrak !!

Membangun kota seperti real estate saja bintaro, BSD, alam sutra, yang berdekatan dengan vibrant nya jakarta, memerlukan waktu lebih dari 15 tahun, baru KERASA manfaatnya.

Apa lagi pusat pemerintahan, apa lagi ibukota. Asli ngak sederhana, antar pulau lagi.

Entah apa alasannya NGOTOT memindahkan ibukota yang tidak punya sejarah nasionalnya? Tidak ada sektor ekonominya dan tidak ada sektor keamanannya sebagai wilayah terpenting yaityu ibukota.

Pangkalan militer harusnya di bangun terlebih dahulu agar kalau ada serangan dari utara, malaysia, tiongkok, philipina, bisa di intersep oleh radar, peluru kendali dan jet temput  yang pangkalanya harusnya di sekitar utara penajam, bisa balikpapan atau samarinda.

Kekuatan tempurnya harus naik 10 kali dari kekuatan militer sekarang yang ada di kalimantan timur. Dan dari pemikiran calon presiden 2024 yang saat ini menjabat menhan kayaknya gak ada agneda MELINDUNGI IBUKOTA BARU PENAJAM DI ANGARAN DAN RENCANA BUKU PUTIH KEMHAN SAMPAI 2024. Banyak orang jadi meragukan kemampuannya mengelola negara secara utuh kedepannya.

Yang paling berat adalah strategi keuangan pemerintah ala kelolaan sekarang yang selalu berhutang. Hutang kalau untuk hal yang produktif masih mending, membangun ibukota produktifnya dimana?

Ibukota bukan profit center, tetapi cost center. 

Jadi lupakan proyek ibukota yang hanya pencitraan dan jargon, 20 tahun ngak akan kelar dan pemimpin 2024 nanti dari newmind tidak akan meneruskannya, pasti. kita punya rencana lain yang jauh lebih produktif dan powerfull.

Saran aja nih pak, saran..ngapunten loh ya, hanya saran. Lebih baik 3 tahun ini tidak usah bangun bangun baru yang kesannya megah megahan, bagaimana memikirkan dan melakukan tindakan yang produktif mengurangi hutang yang selama 5 tahun hampir ngutang sebanyak 5000 triliun bisa lunas di akhir masa jabatan 3 tahun kedepan, biar pemimpin kedepan ringan menjalankan strategi bernegara untuk buat indonesai emnjadi negara super power 2045. Jangan minta jabatan 3 kali solusinya.


#Mar Di GU

Posting Komentar untuk "Bakal Mangkrak Seperti Hambalang Nih!!!"

close